Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan di Era Globalisasi

Risma Aulia
Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
23 April 2021 8:38 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Risma Aulia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi oleh: Risma Aulia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi oleh: Risma Aulia

Pendahuluan

ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Adanya teknologi ini membuat semua negara di belahan dunia sangat berpengaruh terhadap perkembangannya, terutama di Indonesia. Teknologi sangat memiliki peran penting dalam kehidupan. Teknologi tidak hanya berperan dalam dunia pendidikan bahkan teknologi memiliki peranan penting diberbagai bidang kehidupan lainnya.
ADVERTISEMENT
Penulis sangat tertarik dalam membahas pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan di era globalisasi ini agar dapat mengetahui bahwa teknologi memiliki peranan yang cukup besar saat ini. Tujuan lain yaitu untuk menambah wawasan agar tidak tertinggal informasi seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak hanya pelajar atau mahasiswa yang harus mengetahui teknologi tetapi semua orang yang berada di dunia ini. Karena teknologi sekarang sudah semakin berkembang pesat yang memaksakan diri untuk harus lebih memahami teknologi.
Tujuan penulis untuk memberikan pemahaman bahwa peserta didik siap bersaing di era digital. Adapun manfaat yang dapat diambil ialah mengetahui bahwa dengan adanya teknologi dapat mengasah kemampuan manusia untuk dapat berpikir lebih kompleks.

Metode penelitian

Pada perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan ini penulis melakukan penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik baik mahasiswa maupun pelajar sekolah yang merasakan perkembangan teknologi di era globalisasi.
ADVERTISEMENT
Untuk mengidentifikasi sudut pandang peserta didik terhadap perkembangan teknologi yang sudah mereka alami, penulis menggunakan kuesioner melalui google formulir. Kuesioner terdiri dari beberapa pertanyaan yang mereka rasakan dalam perkembangan teknologi ini. Di mana pada bagian pertama fokus terhadap latar belakang responden, seperti identitas nama mereka, pelajar atau mahasiswa, jenis kelamin. Bagian kedua dalam kuesioner mengeksplorasi persepsi pembelajar terhadap aspek keterhubungan dalam pembelajaran dengan teknologi saat ini yang sedang dialami, keuntungan dan manfaat dalam perkembangan teknologi di era sekarang.

Pembahasan

Kehidupan manusia sangat dipengaruhi terutamanya oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di mana perkembangan teknologi informasi di era globalisasi semakin pesat sudah tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan. Adapun tuntutan global yang menuntut bahwa dalam dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Harus adanya penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil dari kuesioner yang telah diisi oleh pelajar atau mahasiswa dalam perkembangan teknologi, dapat diketahui terdapat sudut pandang yang positif dengan mengetahui bahwa perkembangan teknologi sangat berperan penting. Adapun dari mereka karena adanya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan di era globalisasi ini membuat mereka dapat meningkatkan kemampuannya dalam belajar, serta mempermudah akses dalam belajar, banyak dari mereka juga dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar.
Perkembangan teknologi ini memang mempunyai manfaat yang sangat berpengaruh terutama terhadap diri sendiri. Selain mempunyai manfaat, perkembangan teknologi ini juga punya sisi negatifnya. Dengan perkembangan teknologi ini menjadi lebih mudah mendapat informasi, tidak hanya informasi positif tetapi adapun informasi yang negatif.
Selain itu, karena adanya perkembangan teknologi di era globalisasi dalam dunia pendidikan dapat membuat materi lebih menarik dalam pembelajaran yang membuat semua pembelajar merasa nyaman dan tidak jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi ini menjadi lebih variatif dan modern karena adanya teknologi. Selain itu, dengan adanya teknologi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan karena teknologi mampu menjadi alat untuk memudahkan proses mengajar oleh tenaga pendidik. Selain itu, pembelajar lebih dapat menggali ilmu lebih dalam lagi. Para pengajar dan peserta didik harus menggunakan teknologi dengan baik dan benar. Maka dari itu kualitas pendidikan di Indonesia akan semakin membaik dan meningkat.
ADVERTISEMENT

Simpulan

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan di era globalisasi ini memberikan manfaat serta hal yang positif. Walaupun ada beberapa hal negatif dalam perkembangan teknologi, tetapi itu tidak menjadi penghalang untuk membuat para peserta didik lebih memahami teknologi yang di mana tahun demi tahun teknologi pasti akan semakin berkembang, yang mana ini membuat mereka harus memahaminya dan membiasakan diri mereka dengan menggunakan teknologi.