Pelatihan Komputer Dasar kepada Peserta Didik Kelas XII

Rhafino RP
pengajar di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara IG, Twitter: @rezasamura19
Konten dari Pengguna
30 April 2021 12:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rhafino RP tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kegiatan pelatihan komputer dasar di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, 2021 (dokumen pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan pelatihan komputer dasar di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, 2021 (dokumen pribadi)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Daerah khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang, daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, daerah perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain, dan/atau pulau kecil terluar (Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015)
ADVERTISEMENT
SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah terletak di desa Salimbatu. SMA ini baru dinegerikan pada tahun 2019, sebelumnya sekolah ini berada di bawah Yayasan SMA Salimbatu. Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, SMA ini masih meminjam gedung SMP Negeri 1 Salimbatu.
Untuk tahun pelajaran 2020/2021, SMA ini akan meluluskan sebanyak 56 peserta didik.
Di tahun terakhir SMA, para peserta didik diberikan pelatihan komputer dasar, seperti cara mengaktifkan akun e-mail, bagaimana cara membuka e-mail, mengirim pesan lewat e-mail, dan mereka juga dibekali dengan pemahaman dasar bagaimana menggunakan word processor, program spreadsheet, dan program presentasi. Walaupun banyak pilihan aplikasi, software yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Office, seperti Word, Excel dan Powerpoint. serta pengetahuan dasar tentang internet.
ADVERTISEMENT
Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan basic soft skill kepada mereka untuk bekal diri di kuliah nanti.
Ternyata, ketika pelatihan ini dilakukan, sebagian besar peserta didik belum menguasai bagaimana menggunakan komputer dengan baik, bahkan masih ada yang tangannya bergetar ketika memegang mouse atau masih mencari huruf-huruf di keyboardnya. Nah, ini merupakan tantangan dari para guru untuk bisa mengajarkan kepada mereka sehingga akhir dari hasil pelatihan ini dapat tercapai dengan baik.
Hari pertama pelatihan, peserta didik diajarkan bagaimana cara mengaktifkan akun pembelajaran. Akun pembelajaran adalah akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.
ADVERTISEMENT
Akun pembelajaran ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan akun gmail biasa, terutama di penyimpanan drive. Jika akun biasa kapasitasnya hanya dibatasi sebesar 15 GB, maka di akun pembelajaran kapasitas drive nya unlimited alias tidak terbatas. Dengan drive yang tidak terbatas, mereka tidak perlu khawatir penyimpanan e-mail nya akan penuh.
Setelah mengaktifkan akun pembelajaran di komputer dan handphone masing-masing, mereka diajarkan bagaimana cara mengirim dan menerima e-mail. Hal ini sangat penting, karena ketika mereka di dunia perkuliahan, mereka sudah terbiasa menggunakan e-mail. Mereka juga diberikan informasi tentang kelebihan akun belajar ini.
Setelah mengaktifkan akun belajar.id, para peserta diberi pemahaman tentang program spreadsheet. Di materi ini mereka diberikan pemahaman tentang trik menggunakan spreadsheet dan rumus dasar yang sering digunakan, seperti fungsi SUM, AVERAGE, MIN, MAX. Para peserta mendapatkan teori praktek langsung di komputernya masing-masing untuk memberikan kesan nyata, bukan hanya teori saja.
ADVERTISEMENT
Hari kedua pelatihan, mereka diberikan materi tentang powerpoint. Diberikan pemahaman bagaimana membuat presentasi yang baik, baik isi maupun tampilan slide.
Hari ketiga pelatihan, mereka diberikan materi tentang aplikasi pengolah kata. Diberikan pemahaman tentang menu-menu dasar Word dan bagaimana membuat cover serta bagaimana cara membuat surat. Diberikan pemahaman juga tentang bagaimana cara memasukkan gambar ke dokumen dan mengatur gambar tersebut agar terlihat rapi.
Hari keempat pelatihan, para peserta diberikan materi tentang perangkat komputer dan internet. Mereka dikenalkan tentang jenis-jenis dan fungsi dari perangkat-perangkat keras seperti harddisk, keyboard, mouse, monitor, RAM, power supply, VGA card dan sebagainya serta perangkat jaringan komputer seperti server, kabel jaringan, hub dan switch, repeater, modem, router dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Setelah mengenal perangkat komputer, para peserta diberi pemahaman tentang internet, seperti bagaimana cara mencari informasi, baik data, gambar atau video. Diberi pemahaman juga bagaimana trik mencari informasi di internet dengan mudah.
Para peserta juga dibekali pemahaman tentang bagaimana berinternet dengan sehat dan aman, sesuai dengan program yang dicanangkan oleh kementerian komunikasi dan informasi Indonesia (Kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.
Dengan menguasai program tersebut, mereka akan dengan mudah melalui masa perkuliahan. Ketika mereka menguasai Word, mereka dengan mudah mengetik semua tugas kuliah. Dengan Excel mereka akan mudah menghitung angka dan menggunakan fungsi-fungsi di tabel Excel. Dengan Powerpoint mereka akan mudah bagaimana membuat sebuah presentasi dengan baik.
kegiatan pelatihan komputer dasar di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, 2021 (dokumen pribadi)