6 Tanda Kamu Berkencan dengan Penipu Seperti The Tinder Swindler

Relationship Goals
Dalam hubungan itu butuh tips dan zodiak
Konten dari Pengguna
13 Februari 2022 20:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Relationship Goals tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Semua perempuan mungkin merasa khawatir untuk berkencan setelah menonton film dokumenter The Tinder Swindler. Ketika menggunakan dating apps untuk berkencan, memang sulit untuk menemukan tanda bahaya jika kamu tidak tahu dengan siapa kamu bicara. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan tandanya.
Foto: IMDb
Penipu atau scammer bisa dilihat melalui profilnya. Jika semua hal terasa sangat sempurna, itu adalah saatnya kamu menaruh curiga. Tak dipungkiri, menyenangkan rasanya untuk swipe kanan dengan orang yang senang membagikan perjalanan dan kehidupan mewah, namun apakah kamu yakin ia betul-betul menjalaninya?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Bustle, ini adalah 6 tanda yang harus kamu perhatikan pada teman kencan onlinemu:
1. Suka bicara tentang masa depan
Jika kamu baru saja berkenalan minggu lalu dan ia sudah mengatakan cintanya padamu, mengisyaratkan hubungan yang lebih serius di masa depan, ini adalah tanda bahaya. Pembicaraan tentang masa depan di masa kencan yang singkat, terutama ketika belum bertemu langsung, adalah bohong dan kemungkinan teman kencanmu tidaklah nyata.
2. Suka membatalkan rencana kencan atau bertemu di menit terakhir
Membatalkan kencan sekali-dua kali bisa dimaafkan, namun jika berkali-kali, kamu perlu curiga padanya. Skenarionya selalu sama: mereka sangat bersemangat untuk janji temu ini, namun pada menit terakhir, mereka membatalkannya dengan alasan yang tidak masuk akal.
Foto: Shutterstock
3. Hasil pencarianmu tentangnya di Google menimbulkan banyak pertanyaan
ADVERTISEMENT
Cukup umum dan wajar bagi seseorang untuk mencari latar belakang teman kencan mereka di Google. Mengetahui fakta-fakta tentang seseorang yang kamu temui di dating apps sangatlah penting, terutama jika ia mengaku sangat kaya raya.
Kamu juga perlu memperhatikan nama belakang teman kencanmu. Penipu biasanya akan menggunakan nama-nama yang umum sehingga sulit mempersempit kemungkinan pencarian di Google atau Linkedin.
4. Ingin segera pindah platform untuk mengobrol
Langkah berani ini sering dilakukan oleh para penipu yang berkeliaran di dating apps. Kebanyakan orang akan merasa nyaman untuk pindah platform atau memberikan kontak pribadi jika sudah mengenal atau berkencan dengan orang tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi, jika ia sangat memaksa, pasti ada sesuatu yang ia sembunyikan.
ADVERTISEMENT
5. Membalas pesanmu di jam yang aneh
Jika ia baru membalas pesanmu dini hari, padahal ia bilang ia tinggal di kota yang sama denganmu, maka kemungkinan besar ia berbohong. Dalam hal ini, percayalah pada intuisimu. Jika kamu mengkonfrontasinya dan ia tidak memberikan jawaban yang jelas, maka lebih baik untuk memutuskan hubungan.
6. Mengajukan banyak pertanyaan pribadi
Ketika mengobrol dengan teman kencanmu online, mereka akan menanggapi ceritamu dengan luar biasa. Mereka akan mengajukan pertanyaan lanjutan yang bijak dan menanggapimu dengan penuh pengertian. Hal ini membuatmu merasa didengar dan diperhatikan. Kamu akan merasa menemukan seseorang yang mengerti kamu. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dengan pertanyaan yang dia ajukan.
Jaga keamanan diri saat online di dating apps, jangan mengungkapkan sesuatu yang pribadi sebelum bertemu langsung. Jika seseorang mendorongmu untuk terbuka padanya padahal kamu belum merasa siap, kamu perlu waspada.
ADVERTISEMENT