5 Cara Menolak Cinta Tanpa Menyakiti Perasaannya

Relationship Goals
Dalam hubungan itu butuh tips dan zodiak
Konten dari Pengguna
30 Maret 2020 9:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Relationship Goals tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Menolak cinta. Foto: Unplash
zoom-in-whitePerbesar
Menolak cinta. Foto: Unplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perasaan suka atau cinta kepada seseorang memang enggak bisa dipaksakan. Walaupun si dia sudah melakukan segala cara untuk mendapatkan hatimu, tapi kalau kamu enggak sayang, lalu mau bagaimana?
ADVERTISEMENT
Bagian tersulit dari sebuah hubungan ialah ketika kamu ingin menolak cintanya tapi enggak mau melukai hatinya. Jangan panik, berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatakan, ''Aku enggak suka sama kamu'' tanpa membuatnya tersakiti.
1. Jaga interaksimu tetap singkat, padat, dan jelas
Melansir dari Yourtango, Kalau kamu enggak suka sama dia, biarkan dia membaca gelagatmu dari caramu berinteraksi dengannya. Kadang si dia suka salah sangka, ketika kamu memberikan komunikasi dan interaksi untuk waktu yang lama, mereka akan mengira kamu juga menyukainya. Jangan biarkan ia memiliki kesempatan yang lebih jauh untuk mengajakmu berkencan, nonton, atau hal-hal yang menjurus ke PDKT.
Kamu bisa mulai dengan membalas obrolannya dengan singkat ketika ia memulai percakapan dan menanyaimu lebih jauh. Katakan,"Eh sorry, aku harus pergi karena ada urusan" atau "Eh sorry, temen-temen aku udah nungguin,". Hal tersebut akan membuatnya mulai sadar kalau kamu enggak tertarik dengan obrolannya.
ADVERTISEMENT
2. Katakan padanya,"Thanks but no thanks"
Menolak Cina. Foto: PIxabay
Kadang beberapa orang suka nekat kalau berhubungan dengan seseorang yang mereka sukai. Misalnya, mengajaknya kencan secara langsung. Kalau ini terjadi denganmu katakan padanya,"Makasih tawarannya (kencan). Tapi sorry aku enggak bisa karena aku sibuk". Dengan begini ia enggak akan mengejarmu untuk meminta penjelasan kenapa kamu menolak ajakannya.
Walaupun sebenarnya kamu enggak perlu menjelaskan kenapa kamu enggak mau menerima ajakannya, tapi just in case dia bertanya 'kenapa?' kamu jadi enggak punya utang untuk menjelaskan hal itu.
3. Jangan merayu atau menggodanya
Jika kamu mengatakan padanya kamu enggak tertarik, tapi kamu malah merayu dan menggodanya, dia akan berpikir usahanya untuk mengejarmu belum maksimal. Dia enggak benar-benar berpikir kamu menolaknya dan akan terus mengejarmu. Jadi, ingat, jangan merayu atau menggodanya jangan membuatnya bingung.
ADVERTISEMENT
4. "Kita kan temenan"
Menolak Cina. Foto: PIxabay
Kalau ketiga cara tersebut enggak berhasil, kamu bisa mencoba dengan mengatakan bahwa dia adalah temanmu. Enggak ada yang lebih menyakitkan saat seseorang yang kamu sukai mengatakan,"Kita cuma temenan". Mereka benci kenyataan bahwa dirinya berada di lingkaran friendzone.
5. To the point
Beberapa orang kadang enggak peka atau memang mereka enggak mudah menyerah dalam hal cinta. Kalau sudah begini, kamu bisa menolaknya secara langsung. Mungkin hubungan kalian akan menjadi canggung ketika kamu menolak cintannya. Namun, jika ia enggak juga berhenti mengejarmu dan kamu merasa enggak aman, kamu bisa meninggalkannya tanpa kata-kata lalu mengabaikannya.