Mengapa Ada Rambut Bisa Cepat Tumbuh dan Lama Tumbuh?

Raihana
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
4 Desember 2022 19:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Raihana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rambut panjang (sumber : pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Rambut panjang (sumber : pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teman-teman semua, laki-laki maupun perempuan pasti pernah berpikir, bahwa rambut anak laki-laki yang di potong semasa Sekolah Dasar (SD) kok lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan rambut anak perempuan yang dipotong? Atau, mungkin teman-teman heran, mengapa rambut di kepala dan di tangan sama-sama ada, akan tetapi, rambut di kepala lebih cepat memanjang dibandingkan rambut di tangan atau kaki? Bahkan, rambut di kepala sampai harus dipotong berkali-kali sedangkan rambut di tangan dan kaki tidak pernah dipotong, tetap saja pendek!
ADVERTISEMENT
Jadi teman-teman ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau lambat rambut manusia tumbuh. Rambut sendiri merupakan bagian tubuh yang strukturnya dilapisi keratin dan kutikula. Rambut memiliki siklus hidupnya sendiri, loh! Yuk, simak penjelasan mengenai tiga siklus pertumbuhan rambut!
1. Fase Anagen
Fase Anagen adalah fase di mana rambut sedang aktif-aktifnya tumbuh, nih, teman-teman. Awalnya, hanya ada akar rambut dan sarang akar rambutnya di dalam kulit kepala, karena di dalam jadi tidak bisa terlihat. Kemudian, badan rambut akan tumbuh keluar dari kulit kepala hingga terlihat oleh mata kita. Saat fase anagen awal, matriks rambut membentuk rambut baru. Pada fase ini ada nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut agar rambut bisa tumbuh dengan baik.
ADVERTISEMENT
Fase Anagen berlangsung selama 2-6 tahun loh, teman-teman!
2. Fase Katagen
Setelah fase anagen, tibalah fase katagen, yaitu saat fase pertengahan atau fase transisi. Pada fase ini, bagian yang lebih dalam dari folikel rambut mulai lelah tumbuh nih, sudah hampir collapse. Folikel rambut pelan-pelan juga terlepas dari nutrisi yang didapatkan dari aliran darah.
Fase Katagen berjalan selama 1-2 minggu
3. Fase Telogen
Setelah fase transisi, masuklah ke fase telogen dari rambut. Di fase telogen ini, rambut sudah tidak tumbuh lagi. Ia beristirahat. Pembuluh darah yang berada di dekat folikel rambut juga terpisah dari folikel rambut.
Fase telogen mengambil waktu selama 5-6 minggu
Setelah mengalami fase-fase rambut tadi, dari yang aktif, mulai lelah, dan beristirahat, ada satu fase lagi yaitu fase eksogen. Sesuai namanya, fase eksogen yaitu di luar, saat fase ini, rambut sudah lepas dari folikelnya. Jadi, kalau ada rambut teman-teman yang lepas, atau rontok, itu hal yang normal ya! Jangan khawatir karena hal itu memang sudah jadi takdir si rambut. Nanti akan ada rambut baru lagi, kok, yang akan tumbuh. Kan, ini memang sudah siklusnya. Akan tetapi, kalau rontoknya berlebihan, barulah hal ini menandakan ada yang salah dari kebiasaan atau mungkin perawatan rambutmu.
ADVERTISEMENT
Oh, ya, waktu setiap fase setiap orang berbeda-beda, tergantung genetiknya, kebiasaannya, juga nutrisinya. Jadi angka lama itu masih rata-rata saja ya, teman-teman!
Lalu, kenapa ada orang yang rambutnya cepat tumbuh dan lama tumbuh? Hal itu karena keberagaman lama waktu di fase tadi. Jika fase anagen pada orang tersebut lama, maka rambut seseorang akan cepat tumbuh. Akan tetapi jika fase anagennya pendek, lama juga rambut seseorang tumbuh. Begitu juga dengan rambut alis dan tangan. Rambut selain di kepala memiliki fase anagen yang sangat pendek sehingga tidak tumbuh secepat rambut kepala kita.
Jangan lupa juga rawat rambut dengan nutrisi yang rambut butuhkan ya! Rajin menjaga kebersihan rambut agar ia tumbuh bagus. Rambut kan juga ciptaan Tuhan yang harus dijaga, apalagi kalau teman-teman perempuan. Rambut ibarat mahkota yang menghiasi kepala, berharga sekali ya!
ADVERTISEMENT