Macam-macam Gaya Musik dan Contoh Musisi Terkenalnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 November 2023 13:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi macam-macam gaya musik. Sumber: pexels.com/VictorFreitas.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi macam-macam gaya musik. Sumber: pexels.com/VictorFreitas.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Macam-macam gaya musik cukup banyak dan terus berkembang dari generasi ke generasi. Pada dasarnya manusia suka bereksplorasi sehingga gaya musik yang sudah ada akan diutak-atik untuk menghasilkan gaya musik personal.
ADVERTISEMENT
Gaya musik personal tersebut terus mendapat pengikut sehingga berkembang menjadi aliran musik baru. Berbagai gaya musik tersebut juga menghasilkan banyak musisi berbakat.

Macam-macam Gaya Musik

Ilustrasi macam-macam gaya musik. Sumber: pexels.com/ClemOnojeghuo.
Macam-macam gaya musik dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain perkembangan sosial budaya, politik, ekonomi dan sebagainya. Gaya bermusik sering pula disebut aliran musik atau genre.
Berikut adalah berbagai gaya musik yang ada di dunia dan contoh musisi terkenalnya berdasarkan 3 kelompok besar, yang dikutip dari Buku Ajar Seni Musik, Paulus Widjanarko (2023:4).

1. Musik Klasik

Musik klasik berkembang di Eropa pada abad pertengahan Masehi. Musik klasik dikenal serius karena harus mengikuti aturan partitur yang ketat. Bahkan dalam penampilan langsung pun harus mengikuti aturan tertentu, yang juga mengikat penonton.
ADVERTISEMENT
Musik klasik dikelompokkan menjadi masa:

2. Musik Populer

Gaya musik populer sangat banyak, menandai kebebasan bermusik, baik sebagai penyanyi solo maupun grup band. Berikut beberapa gaya musik tersebut.
ADVERTISEMENT

3. Musik Tradisional

Hampir semua negara di dunia memiliki musik tradisional, bahkan ada yang penyanyi dan jenis musiknya terkenal ke seluruh dunia. Berikut adalah beberapa musik tradisional tersebut:
Itulah macam-macam gaya musik dan contoh musisi terkenalnya. Pada masa mendatang, gaya musik akan terus berkembang dengan melibatkan banyak perangkat digital. (lus)