Jenis-jenis Cermin dan Sifat Bayangan yang Dihasilkannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
9 Oktober 2023 17:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis-jenis cermin. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis-jenis cermin. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cermin adalah salah satu benda padat yang sisinya halus dan mengkilap sehingga dapat memantulkan cahaya. Jenis-jenis cermin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Kehadiran cermin tentu memilki beragam manfaat. Adapun manfaat dari cermin di antaranya adalah sebagai alat bantu untuk berdandan, alat bantu untuk mengetahui kendaraan di belakang (spion), alat bantu untuk melihat kendaraan di tikungan tajam dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Cermin dan Sifat Bayangan yang Dihasilkan

Ilustrasi jenis-jenis cermin. Foto: Unsplash
Biasanya, cermin terbentuk dari bahan seperti tembaga, perunggu dan batu. Mengutip dari buku Segudang Inspirasi Desain Cermin untuk Interior terbitan Noktah (23-28), berikut ini jenis-jenis cermin dan sifat bayangannya yang dapat dihasilkan.

1. Cermin Datar

Cermin datar (plane mirror) merupak jenis cermin yang permukaannya berupa bidang datar. Pada cermin ini permukaannya terbuat dari kaca bersifat halus dan datar pada bagian pemantulnya. Namun, di bagian belakang kaca dilapisi oleh bahan yang terbuat dari logam tipis dan mengkilap sehingga cahaya sulit untuk menembus cermin.
ADVERTISEMENT
Cermin datar dianggap memiliki jari-jari yang tidak terhingga. Hal ini menyebabkan benda yang ada di depan cermin datar memiliki bayangan yang akan bersifat maya (semu).
Adapun hal-hal tentang sifat pembentukan bayangan dari cermin datar ini bisa diketahui sebagai berikut:

2. Cermin Cekung

Cermin cekung merupakan cermin yang mempunyai permukaan memantul dan berbentuk melengkung atau membentuk sebuah cekungan. Pada jenis cermin ini garis normalnya berupa garis yang mampu melalui pusat kelengkungan, yaitu di titik M atau 2F.
Biasanya, sinar yang datang melalui titik tersebut akan dipantulkan kembali ke titik itu juga. Pasalnya, cermin cekung memiliki sifat konvergen, yaitu mengumpulkan cahaya atau sinar pantul.
ADVERTISEMENT
Adapun sifat bayangan yang dihasilkan dari cermin cekung tergantung sifat bendanya. Inilah beberapa sifat dari cermin cekung yang dapat diketahui yaitu:

3. Cermin Cembung

Cermin cembung merupakan sebuah cermin yang permukaannya berbentuk seperti kulit bola dan melengkung ke arah luar. Biasanya, titik fokus cermin ini berada di belakang cermin, sehingga bersifat maya atau semut dengan nilai negatif.
ADVERTISEMENT
Cermin cembung bersifat divergen atau memancarkan cahaya. Jika sinar yang dihasilkan oleh cermin cembung diperpanjang pada bagian pangkalnya, maka sinar yang dihasilkan akan selalu berpotongan dengan titik fokus di bagian belakang cermin.
Biasanya, cermin cembung digunakan pada cermin yang dipasang di pinggir jalan yang memiliki tikungan tajam serta kaca spion mobil. Adapun sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung ini tegak, maya dan diperkecil.
Itulah ulasan mengenai jenis-jenis cermin lengkap dengan sifat bayangan yang ada di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (NTA)