Contoh Rundown Acara Tahun Baru 2024 yang Berkesan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
29 Desember 2023 17:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh rundown acara tahun baru. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh rundown acara tahun baru. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Beberapa orang sudah siap dengan perayaan yang akan dirayakan bersama orang terkasih. Namun, ada beberapa contoh rundown acara tahun baru yang harus dicoba dan bisa dijadikan referensi untuk dirayakan bersama.
ADVERTISEMENT
Selain keluarga, contoh rundown ini juga bisa dipakai bareng sahabat atau teman terdekat. Susunan acara yang sudah dibuat bisa disesuaikan pula dengan suasana yang diinginkan. Misalnya, suasana formal atau informal.

Contoh Rundown Acara Tahun Baru

Ilustrasi contoh rundown acara tahun baru. Foto: Pixabay.
Mengutip buku yang berjudul Menjadi Sutradara Televisi: dengan Single dan Multi Camera, Naratama (2004:98), rundown adalah urutan isi acara berdasarkan perencanaan gambar, suara, dan durasi waktu. Contoh rundown acara tahun baru 2024 bisa digunakan untuk pengatur durasi serta kegiatan apa saja yang ingin dilakukan selama perayaan pergantian tahun.
Berikut contoh dari rundown acara tahun baru 2024 yang bisa dijadikan sebagai referensi acara.

1. Rundown Acara Semi Formal

Dimulai oleh sang pembawa acara (MC), yang bertugas menyampaikan sambutan pembuka, mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu, dan memimpin doa pembuka sebelum rangkaian acara dimulai.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, tugas MC adalah memberikan waktu dan kesempatan kepada para tamu terhormat atau penyelenggara acara untuk menyampaikan sambutan mereka. Bagian sambutan ini tidak memerlukan waktu yang lama, biasanya diberi durasi sekitar 5 menit atau bahkan lebih singkat.
Puncak dari malam perayaan menyambut tahun baru biasanya diisi dengan pertunjukan seni atau hiburan yang memukau. Durasi acara inti disesuaikan dengan jenis hiburan yang akan ditampilkan agar tetap menarik perhatian para penonton.
Setelah acara inti berhasil dilaksanakan, tugas MC selanjutnya adalah membimbing para tamu menuju puncak acara. Bagian ini terdiri dari perhitungan mundur menuju tahun baru 2023, diikuti dengan atraksi menyala kembang api yang memukau.
Setelah berlangsungnya puncak acara, sang MC akan mengakhiri perayaan menyambut tahun baru dengan menyampaikan ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan doa penutup. Sementara itu, acara penutupan dapat dilanjutkan dengan kegiatan bebas, seperti makan bersama dan momen kebersamaan yang santai.
ADVERTISEMENT

2. Rundown Acara Non Formal

MC membuka acara dengan memberikan salam, mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir, dan memimpin doa pembuka sebelum memulai acara.
Berbeda dengan acara formal, acara non-formal tidak melibatkan ruang sambutan karena kehadirannya umumnya terbatas pada keluarga, sanak saudara, dan orang terdekat. Oleh karena itu, MC dapat mengatur susunan acara inti setelah bagian pembukaan.
Setelah selesai dengan hiburan pada acara inti, dilakukan acara puncak berupa penghitungan mundur atau countdown menyambut tahun baru 2023.
Pada umumnya, acara non-formal tidak melibatkan penutupan resmi. MC dapat mengakhiri acara dengan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan harapan-harapan untuk tahun mendatang.
Itu dia beberapa contoh rundown acara tahun baru 2024 yang berkesan. Semoga pergantian akhir tahun ini membawa kebahagiaan dan keberkahan untuk pembaca. (LFP)
ADVERTISEMENT