4 Perbedaan Planet dan Satelit dalam Tata Surya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
14 Desember 2023 10:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan planet dan satelit. Sumber: Pexels/Alex Andrew
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan planet dan satelit. Sumber: Pexels/Alex Andrew
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Planet dan satelit adalah benda langit yang terdapat pada sistem tata surya alam semesta ini. Terdapat perbedaan di antara planet dan satelit yang menarik untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Dalam ilmu astronomi, pembahasan ini dibahas karena berkaitan langsung dengan fungsi masing-masing serta karakter keduanya. Mempelajari perbedaan tersebut dinilai penting sebagai pembelajaran tentang benda-benda astronomi.

Ragam Perbedaan Planet dan Satelit

Ilustrasi perbedaan planet dan satelit. Sumber: Pexels/RDNE Stock project
Menurut buku Get Success UASBN Ilmu Pengetahuan Alam, Aip Saripudin (hal.151), satelit adalah benda langit yang mengorbit planet.
Orbit memiliki pengertian yaitu suatu jalur berulang yang teratur di mana suatu objek mengelilingi objek lainnya. Dalam tata surya, satelit pada dasarnya bergerak mengelilingi planet. Terdapat beberapa perbedaan planet dan satelit, berikut di antaranya.

1. Ukuran Planet dan Satelit

Perlu diketahui bahwa ukuran satelit rata-rata lebih kecil dari planet, dengan diameter sekitar 1.000 km. Dalam sistem tata surya terdapat 137 satelit alami dengan ukuran berbeda dan berbagai ukuran dan mengorbit 6 planet. Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami.
ADVERTISEMENT

2. Orbit

Kedelapan planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Bumi, dan Pluto bergerak atau mengorbit matahari. Jalur orbit benda langit ini bersih dan bebas hambatan tanpa terhalang benda langit lainnya. Sedangkan satelit bergerak mengorbit planet atau benda langit yang massanya lebih besar.

3. Proses Pembentukannya

Perbedaan planet dn satelit selanjutnya adalah materi pembentuknya. Menurut teori, planet-planet terbentuk dari material yang keluar dari matahari akibat tertabrak bintang lainnya. Namun teori ini masih berkembang.
Sedangkan satelit dibentuk oleh materi yang mengelilingi planet atau benda langit lain yang jatuh ke gravitasi benda tersebut. Wujud satelit ini bisa berupa benda padat seperti bulan atau benda gas seperti aatelit Jupiter.

4. Revolusi

Revolusi adalah pergerakan planet-planet mengelilingi matahari. Setiap planet memilki waktu yang berbeda dengan yang lain. Itu disebabkan karena jarak tempuh pada orbitnya berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Sedangkan revolusi satelit mengikuti masing-masing planetnya.
ADVERTISEMENT
Perbedaan planet dan satelit terlihat dari ukuran dan materi pembentuknya. Dengan begitu wawasan masyarakat akan bertambah pengetahuannya tentang tata surya ini. (Dva)