Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura

Radio Budi Luhur 107.7 fm
Radio Budi Luhur adalah radio komunitas dibawah naungan Universitas Budi Luhur. Streaming dapat didengarkan di www.radiobudiluhur.com atau 107.7 FM di
Konten dari Pengguna
11 Juni 2018 3:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Radio Budi Luhur 107.7 fm tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Radiobudiluhur.com-Pertemuan bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump, menjadikan negara merlion tempat saksi pertemuan tersebut. Setelah Donald Trump mengumumkan untuk membatalkan pertemuannya dengan Kim Jong Un pada Mei lalu. Namun, pertemuan tersebut tetap berlangsung dengan menerimanya pihak Donald Trump atas pertemuan tersebut.
ADVERTISEMENT
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tiba di Paya Lebar, Pangkalan Udara Militer Singapura pada minggu malam tepatnya 20:21 waktu setempat. Setibanya Donald Trump dan timnya di Singapura setelah terbang langsung dari pertemuan negara – negara G7 di Kanada disambut oleh Menteri Luar Negeri Singapura, yaitu Vivian Balakrishnan.
Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura (1)
zoom-in-whitePerbesar
Beberapa jam sebelumnya Kim Jong Un tiba terlebih dahulu di Bandara Changi, Singapura. Kim terbang menggunakan Jet Air China ditengah pengawasan ketat dengan 2 pesawat penjagaan (decoy flights).
Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura (2)
zoom-in-whitePerbesar
Kim pun bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Long dengan senyuman hangat. Kemudian, pemimpin Korea Utara tersebut menyampaikan melalui penerjemahnya, “Seluruh dunia sedang menyaksikan pertemuan bersejarah antara Korea Utara dan Amerika Serikat, dan terima kasih atas usaha tulus Anda … Kami dapat menyelesaikan persiapan untuk pertemuan bersejarah ini.”
Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura (3)
zoom-in-whitePerbesar
Diskusi utama dari pertemuan Kim dan Trump mengenai senjata nuklir Korea Utara dan kedamaian di semenanjung Korea. Dalam pidato tahun barunya, Kim mengatakan negaranya telah menyelesaikan pengembangan dari program nuklirnya. Kemudian Kim menyebutkan juga akan fokus pada perkembangan ekonomi.
ADVERTISEMENT
Singapura tempat pertemuan bersejarah tersebut dilaksanakan dengan alasan – alasan keamanan salah satunya. Negara merlion bagaikan Switzerland di Asia Tenggara. Sebab, negara tersebut kaya dan eksklusif, negara kecil yang netral secara politik dan dikelilingi oleh kekuatan yang lebih besar yaitu negara – negara tetangganya.