Mengenal Prospek Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik yang Kian Beragam

Quipper Indonesia
Distributors of wisdom | Membawa pendidikan terbaik ke seluruh penjuru Indonesia
Konten dari Pengguna
2 Oktober 2020 11:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Quipper Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Prospek Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik yang Kian Beragam
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalau bicara mengenai prospek kerja lulusan Jurnalistik, apa yang ada di benakmu? Jadi wartawan atau jurnalis? Ya, benar! Namun, seiring dengan perkembangan media dan internet saat ini, peluang kerjanya kian luas lho! Wilayah garapan Jurusan jurnalistik pun tidak lagi hanya sebatas mencari, mengolah, dan mempublikasikan berita.
ADVERTISEMENT
Salah satunya, kini lulusan Jurnalistik juga dibutuhkan untuk mengelola brand lewat content marketing. Dengan demikian, setelah lulus dari Jurusan Jurnalistik kamu tidak perlu galau lagi memikirkan rencana karier hanya sebatas menjadi jurnalis saja.
Nah, agar ada gambaran mengenai rencana masa depan kamu di bidang jurnalistik, berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Jurusan Jurnalistik. Yuk, baca selengkapnya!

5 Pilihan Karier Lulusan Jurusan Jurnalistik

1. Media researcher and analyst
Seperti yang diketahui mahasiswa, Jurusan Jurnalistik akan mempelajari tentang berbagai macam media dan perkembangannya. Beberapa media yang dipelajari mulai media cetak, elektronik hingga media digital. Bekal ilmu yang dimiliki oleh lulusan jurusan ini membuatnya bisa bekerja sebagai media researcher and analyst.
ADVERTISEMENT
Menjadi peneliti media berarti bisa bekerja di berbagai sektor industri media, seperti televisi, film, radio dan juga digital. Tugas profesi ini adalah merencanakan, mengatur serta melaksanakan produksi program dan hasil lainnya dalam berbagai bentuk. Sebagai media researcher berarti menjadi penghubung antara eksekutif, kreatif, dan publik.
2. Social media specialist
Kamu pasti punya akun media sosial bukan? Saat ini, scrolling Instagram atau nge-tweet melalui Twitter sudah jadi kebiasaan orang-orang, termasuk kamu bukan? Kalau sekarang media sosial bagi kamu hanya sebagai hiburan atau wadah pencarian informasi semata, coba bayangkan jika di masa depan kamu akan bekerja untuk mengurus akun media sosial secara profesional? Sangat bisa lho!
Jadi, prospek kerja lulusan Jurnalistik selanjutnya adalah social media specialist. Pernah dengar pekerjaan tersebut? Pekerjaan satu ini banyak diincar oleh generasi milenial karena generasi tersebut tidak bisa dilepaskan dari media sosial. Terlebih lulusan Jurnalistik memiliki bekal ilmu yang berkaitan dengan media sosial maupun konten multi-platform.
ADVERTISEMENT
Setiap hari seorang social media specialist bekerja untuk mengelola akun media sosial klien atau perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, juga harus melakukan pengecekan dan juga evaluasi secara rutin.
3. Content writer
Sudah bisa dipastikan jika lulusan Jurnalistik memiliki kemampuan menulis yang handal dan mumpuni. Dengan kemampuan menulis, banyak lho pekerjaan yang bisa digeluti, tidak hanya menjadi jurnalis saja. Kemampuan menulis juga bisa dimanfaatkan untuk bekerja sebagai content writer, salah satu jenis pekerjaan yang banyak ditawarkan di era sekarang.
Content writer bertugas untuk membuat tulisan yang berkaitan dengan identitas maupun produk perusahaan tempatnya bekerja. Setiap harinya seorang content writer harus menulis dengan teknik dan strategi tertentu agar dapat mencapai target-target yang ditetapkan.
ADVERTISEMENT
Saat ini banyak sekali perusahaan membutuhkan jasa dari content writer, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang digital. Alasannya karena content writer menjadi salah satu pekerjaan yang membantu dalam hal mengembangkan branding.
4. Floor director
Nama pekerjaan satu ini masih dibilang sangat asing. Floor director biasanya bekerja di media televisi dan menjadi perpanjangan tangan seorang produser dan direktur dalam mengarahkan kru maupun audience di lapangan.
Jika ingin menjadi seorang floor director yang handal, diharuskan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang jelas, tepat, bergerak cepat dan koordinasi. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Jurnalistik biasanya akan dilatih untuk melakukan reportase dan juga bekerja di bawah tenggat deadline, hal ini membuatnya punya berbagai kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi floor director.
ADVERTISEMENT
5. Creative production
Semua acara yang ada di media pasti memiliki tim kreatif. Tim kreatif dalam suatu acara memiliki tugas yang sangat vital karena harus merancang, menyusun dan juga menjalankan program acara dalam suatu media. Ketika konsep acara yang dibuatnya sangat menarik, program acara akan sangat populer dan pastinya akan mendapatkan banyak keuntungan.
Lulusan jurusan ini sangat cocok bekerja sebagai tim kreatif karena selama kuliah belajar tentang proses produksi di media, termasuk perancangan program. Saat kuliah, mahasiswa Jurnalistik kerap mendapatkan tugas untuk merancang ide-ide kreatif untuk suatu program acara.
Nah itulah informasi seputar Jurusan Jurnalistik beserta prospek kerja terkini. Diharapkan kamu menjadi lebih mengenal jurusan yang satu ini dan berniat untuk mengambilnya saat kuliah. Bagaimana, tertarik dengan jurusan ini? Kamu bisa cek berbagai profil kampus berkualitas yang menyediakan Jurusan Jurnalistik di website Quipper Campus ya! Masa depan cerah bisa kamu genggam dengan membekali diri dengan pendidikan.Yuk mulai langkahmu dengan memilih kampus dan jurusan yang tepat!
ADVERTISEMENT