Melihat Lebih Dekat Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Quipper Indonesia
Distributors of wisdom | Membawa pendidikan terbaik ke seluruh penjuru Indonesia
Konten dari Pengguna
14 November 2018 10:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Quipper Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Melihat Lebih Dekat Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dianggap penting sebagai tahapan dalam perkembangan anak. Kegiatan PAUD dapat memberikan rangsangan pendidikan yang dapat membantu kesiapan anak memasuki pendidikan lebih lanjut seperti ke pendidikan sekolah dasar.
ADVERTISEMENT
Jadi, di PAUD anak tidak hanya bermain-main ya, melainkan banyak sekali kegiatan yang telah disiapkan oleh para pengajar PAUD sehingga mampu membangun karakter anak sejak usia dini. Simak ulasan berikut agar kamu dapat mengenal lebih dekat lagi mengenai program pendidikan anak usia dini.
Definisi dan Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Melihat Lebih Dekat Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (1)
zoom-in-whitePerbesar
Pengasuhan dan pendidikan anak usia dini (Early Childhood Care and Education) tidak hanya terkait sekolah dasar dan pra-sekolah dasar. Pada fase ini pengasuhan dan pendidikan idealnya diarahkan untuk pengembangan holistik dari kebutuhan sosial, emosional, kognitif, dan fisik anak dalam rangka membangun fondasi yang kuat dan luas untuk pembelajaran dan kesejahteraan sepanjang hayat. PAUD merupakan lahan untuk memelihara cikal bakal warga negara yang peduli, berketerampilan, dan bertanggung jawab di masa depan.
ADVERTISEMENT
Dengan bingkai pengembangan untuk generasi muda masa mendatang, PAUD adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan oleh suatu negara untuk mempromosikan pengembangan sumber daya manusia, kesetaraan gender, dan kohesi sosial. Lebih jauh lagi, program PAUD yang berkualitas berpotensi mengurangi biaya untuk program-program remedial di kemudian hari. Untuk anak-anak yang kurang beruntung, PAUD memainkan peran penting untuk mengompensasi kerugian dalam keluarga dan memerangi ketidaksetaraan pendidikan.
Ciri Kelas dan KBM PAUD
Melihat Lebih Dekat Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (2)
zoom-in-whitePerbesar
Tangan mungil, mata yang cerah, pikiran yang tumbuh, dan kemungkinan tanpa batas. Mengajar di lingkungan PAUD tidak seperti yang lain. Satu menit pendidik mungkin bernyanyi bersama seluruh kelas dan menit selanjutnya pendidik mungkin sedang mengikat tali sepatu.
Satu menit lagi pendidik mungkin menjelajahi cara-cara untuk menerapkan keterampilan matematika dan berhitung dasar ke dalam rencana pelajaran, selanjutnya Anda mungkin akan menenangkan amarah atau tantrum dari anak yang sedih. Ini adalah lingkungan belajar yang benar-benar unik di mana pembelajar termuda pertama kali diperkenalkan ke lingkungan belajar, perilaku sosial yang tepat, dan pembelajaran kelompok.
ADVERTISEMENT
Pekerjaan Anda akan mencakup mendorong kreativitas, mendorong pertumbuhan akademis, dan membina siswa kecil Anda. Ini adalah profesi yang bermanfaat dan memuaskan yang diperuntukkan bagi mereka yang mencintai anak-anak dan proses pembelajaran, yang memiliki antusiasme dan kesabaran, dan yang merasa seperti di rumah dengan cat di jari-jari mereka dan buku cerita di tangan mereka.
PAUD dapat menjadi tempat untuk bermain bersama saat waktu membentuk lingkaran, atau wahana belajar antri, dan justru karena corak pendidikan karakter tersebut PAUD merupakan wahana pendidikan dasar yang krusial bagi penumbuhkembangan generasi masa depan bangsa.
Karakter Para Pendidik PAUD
Melihat Lebih Dekat Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (3)
zoom-in-whitePerbesar
Anak kecil tidak seperti siswa pada jenjang pendidikan lain. Kebutuhan mereka unik dan pendidiknya harus menyadari hal ini. Karena bisa jadi pendidik atau pengajar PAUD menjadi orang asing pertama yang diakrabi seorang anak kecil di luar keluarganya sendiri.
ADVERTISEMENT
Tahap pemisahan dari orang tua mereka di awal bisa sulit, dan seorang guru harus membantu mereka melalui transisi ini. Seorang anak dapat menjadi sangat terikat dengan gurunya sebagai “pengganti” bagi orangtua mereka, atau justru sangat terguncang dan trauma. Pendidik dan pengajar AUD yang mumpuni selalu mampu beradaptasi dengan reaksi emosional siswa mereka.
Secara sosial bergabung di dalam kelas PAUD bisa jadi juga pertama kalinya seorang anak kecil berinteraksi dengan anak-anak seusia mereka. Peran seorang guru sering menjadi peran mediator ketika anak-anak memiliki masalah dalam berbagi atau belajar bagaimana bergaul.
Selanjutnya, guru di PAUD harus kreatif dan adaptif. Mereka harus berpikir di luar perspektif mereka sendiri sebagai orangtua atau orang dewasa dan dapat menempatkan diri mereka di sepatu siswa mereka. Apa yang memotivasi seorang anak kecil? Bagaimana memegang minat balita? Bagaimana membuat belajar menjadi menyenangkan? Ini semua pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh seorang pendidik AUD tanyakan pada diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Pelajaran di kelas pendidikan awal sangat praktis. Mereka melibatkan seni dan kerajinan, mendongeng, olahraga, permainan pendidikan, dan banyak lagi. Anda harus cepat di atas kaki Anda dan sangat mudah beradaptasi untuk terus menerus menemukan cara-cara baru untuk membimbing anak-anak melalui tahap pembelajaran awal mereka.
Nah, sekarang kita menyadari kan kalau banyak sekali manfaat positif yang didapat anak lewat pendidikan anak usia dini. Selain itu, ternyata pengajar PAUD juga harus memiliki keahlian dasar sehingga tujuan dari program pendidikan ini tercapai.
Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/pendalaman-pendidikan-anak-usia-dini/
Penulis: Jan Wiguna