Dulu Hidup Miskin, Penyanyi IU Kini Donasi Rp 2,3 Miliar Bantu Orang Susah

Konten dari Pengguna
28 Desember 2021 14:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dok. dlwlrma
zoom-in-whitePerbesar
Dok. dlwlrma
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktris Korea IU menganggap pandemi dan musim dingin merupakan masa yang melelahkan untuk semua orang. Untuk itu, ia pun melakukan aksi donasi dalam jumlah besar di penghujung tahun 2021.
ADVERTISEMENT
Mengutip informasi dalam Soompi, Selasa (28/12), IU memberikan sumbangan sebesar 200 juta won atau sekitar Rp 2,3 miliar. Donasi ini ia salurkan melalui ChildFund Korea.
Kabar donasi yang IU lakukan diumumkan langsung oleh agensi yang menaunginya yaitu EDAM Entertainment.
“IU menyumbangkan 100 juta won untuk setiap pasien kanker dan pasien anak dari keluarga bepenghasilan rendah,” mengutip pernyataan dari EDAM Entertainment.
Dikatakan, sebagian donasi tersebut akan digunakan oleh ChildFund Korea untuk membantu keluarga dari kelompok berpenghasilan rendah.
Sesuai ungkapan IU, dana tersebut dimaksudkan untuk memenuhi biaya kebutuhan dan menyediakan pakaian hangat di musim dingin. Selain itu, donasi tersebut juga ditujukan untuk mendukung program beasiswa bagi anak-anak dan remaja yang dibesarkan oleh kakek-nenek mereka.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, sisa dari donasi tersebut akan disalurkan ke rumah sakit Seoul ASAN untuk membayar perawatan dan operasi wanita serta anak-anak pengidap kanker.
“Ini adalah masa sulit di mana setiap orang merasa kelelahan, tapi saya ingin berbagi kehangatan dan membantu siapa saja yang membutuhkan. Saya harap melalui hal ini semuanya bisa merasakan kehangatan di musim dingin ini tanpa ada satu pun yang terabaikan,” ucap IU.
Sepanjang karier, IU memang dikenal sebagai artis K-Pop yang berhati emas. Bukan dari keluarga berada, sebenarnya penyanyi berusia 28 tahun ini lahir dengan kondisi miskin.
IU bersama nenek dan adiknya pernah tinggal dalam satu kamar kecil yang penuh kecoa, sebelum akhirnya tinggal di rumah salah satu kerabatnya. Saat tinggal di kediaman kerabatnya, tak jarang IU menerima umpatan secara verbal saat pemilik rumah tersebut sedang mabuk. Saat hal itu terjadi, ia dan keluarganya hanya bisa pura-pura tertidur.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai mimpinya sebagai artis K-Pop pun, IU harus melaluinya dengan penuh perjuangan. Saat usianya masih muda, IU sempat ditipu oleh sebuah agensi. IU juga dikabarkan pernah ditolak oleh puluhan agensi.
Kini saat ia telah sukses, IU rutin melakukan amal untuk membantu orang-orang dalam kesulitan. Kebanyakan donasinya ditujukan untuk warga yang memiliki masalah finansial, wanita dan anak-anak.