Profil Bill Cosby, Komedian yang Baru Bebas dari Kasus Kekerasan Seksual

Profil Artis
Panduan untuk kenal lebih dekat dengan artis idolamu
Konten dari Pengguna
2 Juli 2021 10:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Artis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bill Cosby. Foto: Mark Makela/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Bill Cosby. Foto: Mark Makela/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Komedian Bill Cosby telah bebas dari penjara. Ia sebelumnya terjerat kasus kekerasan seksual yang terjadi pada 2005.
ADVERTISEMENT
Meski namanya tercoreng karena kasus tersebut, Cosby sebenarnya merupakan pribadi yang hebat. Ia membuktikan diri bisa menjadi salah satu artis kulit hitam yang sukses selama puluhan tahun.

Profil Bill Cosby

Bill Cosby. Foto: DOMINICK REUTER / AFP
Bill Cosby lahir pada 1937 di Philadelphia, Amerika Serikat. Ia menghabiskan masa mudanya di sana.
Sejak SMA, Cosby sudah menggemari berbagai kegiatan olahraga, mulai dari baseball, sepakbola, hingga basket. Karena fisik yang kuat, Cosby sempat menjadi marinir pada 1956. Ia mengabdi sebagai tim medis dan sempat terjun di Perang Korea.
Setelah tak lagi menjadi marinir dan lulus sekolah, Cosby mencoba peruntungan untuk menjadi bartender. Namun, ia justru senang naik panggung dan melakukan stand up comedy.
Bermula dari iseng, nama Cosby di era '60-an justru sangat tersohor sebagai stand up comedian. Di era tersebut, ia bahkan memenangkan lima piala Grammy untuk kategori Best Comedy album pada 1965, 1967, 1968, dan 1969.
ADVERTISEMENT
Bill Cosby. Foto: KENA BETANCUR / AFP
Selain menjadi stand up comedian, Cosby juga membintangi sebuah serial bertajuk I Spy. Berkat serial tersebut, ia memenangkan tiga Emmy Awards untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series.
Memasuki tahun 1970-an, Cosby mulai semakin sering mencoba untuk memproduseri acara televisi sendiri. Namun, memang usahanya sering kali menemukan kegagalan.
Ia baru berhasil saat membuat kartun Fat Albert and the Cosby Kids. Seri kartun ini menceritakan tentang masa kecil Cosby dan sempat bertahan selama 12 tahun, sejak 1972 sampai 1984.
Bill Cosby. Foto: Mark Makela/REUTERS
Di era '80-an, tepatnya pada 1984, Cosby akhirnya sukses membuat sebuah acara bertajuk The Cosby Show. Berakhir pada 1992, acara itu menjadi salah satu cikal bakal dari berbagai talkshow dan acara-acara komedi di era modern.
ADVERTISEMENT
Acara itu pun memenangkan banyak sekali penghargaan dari Emmy Awards. Namun, kesuksesan The Cosby Show tak bisa tersaingi oleh program Cosby yang hanya mengudara selama 3 tahun di era '90-an.
Untuk kehidupan pribadi, Cosby diketahui menikah dengan Camille Hanks sejak 1964. Mereka dikaruniai 5 anak, yakni Erika, Erinn, Ennis, Ensa, dan Evin.
Cosby sempat mengalami insiden tragis pada 1997. Ennis, anak ketiganya, dibunuh oleh seorang penjahat di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat.