Palenque, Kota Kuno Milik Bangsa Maya

Potongan Nostalgia
#PotonganNostalgia || Mari bernostalgia! Menjelajah apa yang sudah mulai terlupakan, atau bahkan belum sempat diingat
Konten dari Pengguna
11 September 2018 12:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Potongan Nostalgia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Palenque, Kota Kuno Bangsa Maya (Foto: Wikimedia Commons)
zoom-in-whitePerbesar
Palenque, Kota Kuno Bangsa Maya (Foto: Wikimedia Commons)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Palenque merupakan salah satu kota bangsa Maya kuno yang berada di dekat Sungai Usumacinta di Chiapas, negara bagian Meksiko. Palenque menjadi satu dari sekian banyak kota Maya yang keberadaannya cukup penting bagi peradaban masyarakat kuno tersebut.
ADVERTISEMENT
Kota Maya kuno tersebut dikenal sebagai salah satu kota warisan bangsa Maya yang paling indah di dunia.
Di sana terdapat banyak arsitektur khas suku Maya berupa bangunan, patung, relief, dan ukiran lainnya yang menjadi bukti keberadaan kebudayaan tinggi Maya di wilayah Meksiko.
Kota Palenque disebut sebagai salah satu keajaiban penting yang berada di Meksiko. Kota kuno itu memberikan kesan yang sangat unik bagi para pengunjung yang datang ke sana.
Keberadaan kota Palenque, dengan pengaturan hutan dan arsitektur yang dekoratif, akan membawa setiap orang seperti kembali ke masa lalu.
Diperkirakan Palenque pertama kali ditempati oleh manusia sekitar tahun 100 SM. Kota itu terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan, hingga akhirnya mencapai puncak pembangunan sekitar tahun 600 sampai 700 Masehi.
ADVERTISEMENT
Kota Palenque cukup terkenal ketika berada di bawah kekuasaan Raja Pakal yang memerintah tahun 615 sampai 683 M.
Raja Pakal dikenal sebagai pelindung bagi bangsa Maya di Palenque. Ia digambarkan seperti matahari dan perisai, serta mendapat julukan Sun Shield.
Selama masa pemerintahannya, di Palenque dipenuhi bangunan-bangunan penting untuk kepentingan rakyatnya, salah satunya “de las Inscripciones Templo”.
Salah satu situs peninggalan bangsa Maya di Palenque adalah Piramida Palenque. Situs itu baru ditemukan tahun 1999, tetapi para ahli baru melakukan penggalian beberapa tahun setelahnya. Piramida Palenque diperkirakan berusia 1.500 tahun, yang berarti telah dibangun sebelum Raja Pakal berkuasa.
Kota Palenque tidak seperti kota bangsa Maya lainnya yang terkenal sangat besar sehingga banyak informasi yang kurang jelas mengenai keberadaan kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Para ahli terus menggali informasi mengenai Palenque melalui tulisan-tulisan, ukiran, dan bangunan-bangunan yang mengarah pada keberadaan salah satu kota Maya Kuno tersebut.
Para arkeolog pun telah menemukan fakta bahwa Palenque merupakan bagian dari makam para raja seperti yang berada di Acropolis Selatan.
Palenque, Kota Kuno Milik Bangsa Maya (1)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : commons.wikimedia.org
Sumber : Soebachman, Agustina. 2013. Misteri Kota yang Hilang. Yogyakarta : Syura Media Utama.