Lagu 'Show Yourself' Hampir Dihilangkan Dari Film 'Frozen 2'

Konten Media Partner
30 Juni 2020 8:47 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Frozen 2 (Foto: Disney)
zoom-in-whitePerbesar
Frozen 2 (Foto: Disney)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Play Stop Rewatch, Jakarta - Melanjutkan kesuksesan Let It Go, Frozen 2 memberikan Elsa 2 lagu besar untuk dinyanyikan, yaitu Into The Unknown dan Show Yourself. Sebenarnya, Disney hampir tidak ingin memasukan lagu Show Yourself ke dalam filmnya beberapa bulan sebelum perilisannya.
ADVERTISEMENT
Froen 2 memang sukses secara komersial jika dibandingkan dengan film pertamanya. Akan tetapi, secara kritik film ini tidak sebaik film pertamanya.
Disney mendorong dan mempromosikan habis-habisan lagu Into The Unknown sebagai penerus Let It Go. Namun, karena beberapa faktor seperti kemunculan lagunya yang terlalu cepat, berada di awal film, terkesan bukan merupakan lagu yang seharusnya menggantikan Let It Go.
Sebenarnya ada lagu yang lebih baik dan seharusnya bisa menggantikan Let It Go, akan tetapi Show Yourself malah tidak dipromosikan oleh Disney, bahkan hampir dihilangkan dari filmnya.
Pada dokumenter Into The Unknown: Making Frozen 2, kita dibawa lebih dalam bagaimana film ini dibuat. Salah satu hal yang menjadi perdebatan dalam pembuatan film ini adalah soal bagaimana lagu Show Yourself bisa dimasukan dan apa maksud dari lagu ini.
ADVERTISEMENT
Lagu ini merupakan kulminasi dari perjalanan Elsa dalam pencarian jati dirinya di Frozen 2, di mana pada akhirnya ia menemukan apa yang ia cari dan mencoba untuk menghadapinya.
"Kurasa kita belum menemukan alasan untuk menyimpannya, tapi kami punya satu kesempatan terakhir untuk mengembalikannya," ujar Marc Smith selaku Director of Story sekitar 8 bulan sebelum perilisan Frozen 2.
Jennifer Lee dan Chris Buck selaku sutradaranya pun mengaku kurang setuju bahwa Show Yourself akan bekerja dengan baik dalam film ini. Alasan utamanya adalah lagu ini tidak memberikan emosi apapun terhadap filmnya.
Inti masalah dari film ini berada di seputar suara yang memanggil Elsa, siapa dan dari mana asalnya. Sepanjang film ini suara tersebut memanggil Elsa menuju Ahtohallan, tapi masih belum jelas apakah itu suara ibunya Elsa, suara Ahtohallan sendiri, atau bahkan suara Elsa sendiri.
ADVERTISEMENT
Kemudian, ketika Frozen 2 memasuki tahap Story Trust screening (penayangan film secara eksklusif terhadap sutradara dan animator Disney), lagu tersebut sebagian besar diterima dengan baik, namun perlu penyesuaian sedikit untuk menambah kejelasan terhadap konteks yang ingin dibawakan oleh lagu ini.
Akhirnya diputuskan bahwa suara tersebut dimiliki oleh Queen Iduna. Maka dari itu, Show Yourself menambahkan beberapa lirik yang disuarakan oleh Evan Rachel Wood agar dapat sesuai dengan konteks yang ingin disampaikan.