Dukungan Pelatihan IT untuk 1.000 Talenta Digital Muda di Surabaya

Plan Indonesia
Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada tahun 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan.
Konten dari Pengguna
20 September 2022 16:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Plan Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sosialisasi kerja sama Plan Indonesia bersama Pemerintah Kota Surabaya. (Foto: Yayasan Plan International Indonesia, Temmy Subrata)
zoom-in-whitePerbesar
Sosialisasi kerja sama Plan Indonesia bersama Pemerintah Kota Surabaya. (Foto: Yayasan Plan International Indonesia, Temmy Subrata)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Surabaya, 20 September 2022 -- Permintaan akan talenta digital Indonesia begitu besar, namun ketersediaan talenta terlatih di Sektor Teknologi Informasi (IT) begitu tinggi. Kajian cepat wawasan pemberi kerja tahun 2021 oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia menunjukkan, perusahaan menghadapi kesulitan menemukan talenta untuk sektor yang sedang berkembang, termasuk sektor teknik aplikasi dan pemrograman.
ADVERTISEMENT
Work in Tech Indonesia yang diumumkan pada 2021 merupakan salah satu inisiatif peningkatan kemampuan digital terbesar di wilayah Asia Tenggara, dengan tujuan melatih dan memberikan akses menuju karier di bidang IT kepada 10.000 kaum muda di Indonesia. Program Work in Tech didukung oleh hibah dari Google.org, lengan filantropi Google, dan dikepalai lembaga nonprofit global, INCO, bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia). Menurut Vera Lingga, Program Manager dari INCO, “Lebih dari 500 peserta dari Jawa Timur telah menyelesaikan program ini.”
Hari ini, kami mengumumkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya memberikan dukungan dan memfasilitasi tercapainya 1.000 pelatihan IT di Surabaya. Sebanyak 1.000 pelatihan ini merupakan bagian dari program Work in Tech yang dipimpin oleh INCO dan didukung oleh Google.org.
Vera Lingga, INCO Group Work in Tech Program Manager (kiri) dan Tito Rahmanto, Diskominfo Pemerintah Kota Surabaya, 20 September 2022. Foto: Plan Indonesia/Temmy Subrata.
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya akan memberikan dukungan yang relevan bagi pelaksanaan pelatihan ini. Hingga dua tahun ke depan, pelatihan IT akan diberikan kepada 1.000 kaum muda (18-29 tahun) dari keluarga marginal, khususnya perempuan dan para penyandang disabilitas. Kerja sama ini sejalan dengan upaya Pemberdayaan Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda yang telah dilaksanakan oleh Plan Indonesia sejak 2010.
ADVERTISEMENT
“Dari generasi ke generasi, Surabaya merupakan rumah bagi talenta digital terbaik di Indonesia. Kami berharap dapat mendukung lebih banyak generasi dengan kemampuan luar biasa di sektor digital melalui program ini. Pemerintah Kota Surabaya terbuka bagi peserta kegiatan untuk menggunakan Broadband Learning Centre secara gratis,” kata Eri.
“Plan Indonesia melihat kebutuhan mendesak untuk memberdayakan dan memberikan akses yang setara kepada kaum muda. Melalui kerja sama kami dengan INCO, didukung oleh Google.org, kami akan memberikan berbagai pilihan pelatihan bagi kaum muda untuk meningkatkan keterampilan dan membantu mereka memasuki industri yang sangat diminati, baik dalam konteks lokal dan internasional,” kata Dini seusai sosialisasi di Surabaya, Selasa (20/9).
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Instagram.com/kitakerja.id.
ADVERTISEMENT