YP Serahkan 30 Ribu Benih Kopi Kepada 6 LDPHD Binaan di Simpang Hilir

Petrus Kanisius
Bekerja di Yayasan Palung
Konten dari Pengguna
12 Desember 2022 14:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Petrus Kanisius tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
30 ribu bibit kopi yang diserahkan oleh Yayasan Palung kepada 6 Lembaga Desa Pengelola Hutan Desa (LDPHD) di Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, pada Kamis-Jumat  (8-9/12/2022). (Foto dok : Hendri Gunawan/Yayasan Palung).
zoom-in-whitePerbesar
30 ribu bibit kopi yang diserahkan oleh Yayasan Palung kepada 6 Lembaga Desa Pengelola Hutan Desa (LDPHD) di Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, pada Kamis-Jumat (8-9/12/2022). (Foto dok : Hendri Gunawan/Yayasan Palung).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebanyak 30 ribu Benih Kopi diserahkan oleh Yayasan Palung (YP) kepada 6 Lembaga Desa Pengelola Hutan Desa (LDPHD) di Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, pada Kamis-Jumat (8-9/12/2022).
ADVERTISEMENT
Penyerahan pertama benih kopi dilakukan pada Kamis (8/12/2022) kepada LDPHD Rantau Panjang dan penjalaan, jumlah benih yang diberikan masing-masing 10 ribu benih (5 ribu benih kopi exelsa dan 5 ribu benih kopi liberika).
Setelah itu YP melanjutkan perjalanan ke Desa Penjalaan untuk menyerahkan mulsa dan dolomit ke KUPS pertanian Desa Penjalaan. Selanjutnya juga menyerahkan 10 ribu benih kopi (5 ribu bibit liberika dan 5 ribu bibit exelsa), 50 unit pot tray dan 10 ribu polybag. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Anwar (Ketua LDPHD Simpang Keramat).
Robi Kasianus, selaku Asisten Field Officer Program Hutan Desa Yayasan Palung, mengatakan, YP tidak hanya menyerahkan benih kopi tetapi juga menyerahkan pot tray dan juga polybag untuk membantu LDPHD menyemai kopi.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya Robi juga mengatakan, Kopi yang diserahkan ke LPHD juga dapat dibagikan ke masyarakat yang ingin menanam dan memelihara kopi tersebut.
Saat penyerahan bibit kopi, pot tray dan polybag kepada 6 LDPHD. (Foto dok: Robi Kasianus/Yayasan Palung).
Penyeraha benih kopi selanjutnya dikakukan pada Jumat (9/12/2022) di Desa Nipah Kuning. Benih kopi tersebut diserahkan kepada 4 (empat) LDPHD yang terdiri dari LDPHD Banjar Lestari, Hutan Bersama, Koembang Betedoeh, dan Alam hijau. Bentuk dan jumlah barang yang diserahkan yaitu:
ADVERTISEMENT
Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman, menyampaikan bahwa beliau sudah bertemu dengan Bupati Kayong Utara, dimana satu hal yang disinggung adalah terkait kopi Kayong yang sudah sampai di Turki dan Spanyol. Sehingga kemungkinan aka nada permintaan besar terhadap kopi.
Selain itu, Edi Rahman mengatakan, mengapa YP menyerahkan benih kopi kepada 6 LDPHD diantaranya adalah ingin menerapkan kepada LDPHD, karena sebelumnya mereka (6 LDPHD) sudah pernah mengikuti Sekolah Lapang Agroforestri Kopi di KKU yang dilaksanakan oleh Balai PSKL Wilayah Kalimantan, pada bulan Juli lalu.
Selanjutnya, Edi menyampaikan, bantuan bibit kopi yang diberikan kepada LDPHD juga terkait fakta integritas tentang pengembangan agro forestri kopi di Desa Penjalaan sebanyak 30 hektar. Fakta integritas ini dilakukan pada Juli 2022 dan ditandatangani oleh BPSKL Kalimantan, Yayasan Palung, KOJAL Indonesia, KPH, LDPHD Penjalaan dan Kades Penjalaan.
ADVERTISEMENT
Edi Juga menambahkan, pada bulan November 2022 sudah dilakukan penandatangan MoU di Banjar Baru, Kalimantan Selatan tentang Pengembangan Agroforestri Kopi di Zona hutan Desa sebanyak 30 ha.
Petrus Kanisius-Yayasan Palung