5 Tren Menarik dari Harbolnas 12.12, Penjualan Naik 328 Persen di Tengah Pandemi

Konten dari Pengguna
21 Desember 2020 14:29 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Peluang Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Belanja online saat new normal Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Belanja online saat new normal Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perusahaan e-commerce enabler, SIRCLO hari ini mengungkapkan 5 tren dan data menarik dari penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 pada tahun 2020. Walaupun menjadi tahun yang penuh tantangan, nyatanya promo Harbolnas masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu, di mana nilai transaksi selama 12.12 mencapai peningkatan 328 persen dari tahun 2019 berdasarkan data SIRCLO.
ADVERTISEMENT
“Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, SIRCLO optimis bahwa penjualan di kanal digital akan melesat cepat, terutama karena akselerasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Daya beli masyarakat Indonesia pun perlahan-lahan mulai pulih, dibuktikan dengan partisipasi di festival belanja 9.9 sampai 12.12 yang terus meningkat. Karena itu, saat ini merupakan saat krusial bagi semua brand untuk melakukan pivot dan hadir secara online,” ungkap Brian Marshal, CEO dan Founder SIRCLO.
Dalam penyelenggaraan Harbolnas 2020, SIRCLO pun menemukan beberapa pertumbuhan serta perubahan kebutuhan dan gaya belanja konsumen. Berikut merupakan 5 di antaranya:
ADVERTISEMENT
Menanggapi tren belanja daring di tahun 2020 ini, Christin Djuarto selaku Direktur Shopee Indonesia melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap berbagai penawaran menarik seperti Gratis Ongkir, Voucher Cashback dan Disk on, program Flash Sale dan masih banyak lagi.
Shopee sendiri mencatat peningkatan pengunjung sebesar 8 kali lipat, serta mencatat rekor penjualan 12 juta produk yang habis dalam waktu 24 menit pertama pada 12.12 lalu.
“Berkaca pada tren positif ini, SIRCLO semakin percaya dengan besarnya potensi pertumbuhan platform belanja online di Indonesia pada 2021. Kami akan berfokus untuk memperluas pengembangan produk dan layanan kami, serta meningkatkan posisi strategis sebagai perusahaan e-commerce enabler terdepan di Indonesia. Kami berencana merilis beberapa fitur baru, seperti template toko online yang semakin variatif dan inovatif, pengembangan fitur omnichannel untuk perusahaan berskala enterprise, hingga bekerja sama dengan mitra-mitra strategis seperti Google Cloud Platform di sisi cloud hosting dan sistem pembayaran untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi setiap pelanggan,” tutup Brian
ADVERTISEMENT