3 Peluang Usaha yang Menjanjikan, Hanya Bermodal Batok Kelapa

Konten dari Pengguna
14 April 2020 17:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Peluang Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lampu dari batok kelapa. Foto: artworld.com
zoom-in-whitePerbesar
Lampu dari batok kelapa. Foto: artworld.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari jika benda yang dianggap tidak bermanfaat dapat menghasilkan pundi keuangan. Bahan dasar dari batok kelapa nyatanya bisa digunakan untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.
ADVERTISEMENT
Batok atau tempurung kelapa merupakan limbah buah kelapa yang biasa dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar untuk keperluan memasak, khususnya bagi mereka yang masih menggunakan tungku dapur tradisional. Bahkan, tak jarang, sisa tempurung kelapa hanya dibiarkan begitu saja dan berakhir di tempat sampah. Berikut ini usaha yang bisa dilakukan bermodal tempurung kepala yang bisa dicoba untuk mengisi waktu luang:

1. Pembuatan Kerajinan Tangan menjadi lampu hingga cangkir

Cangkir dari batok kelapa. Foto: Shopee
Banyak kisah sukses yang menceritakan pengusaha-pengusaha kecil yang berhasil mendulang rupiah berkat keterampilannya mengolah batok kelapa menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai estetika tinggi. Bahkan beberapa diantaranya berhasil menembus pasar luar negeri. Modal utamanya hanya keterampila dan jiwa seni.
Dengan menggunakan mesin pemotong dan penghalus kayu, lem serta cat pelapis, mereka mampu menyulap sampah tempurung kelapa menjadi barang kerajinan yag cantik, seperti tas, dompet, ikat pinggang, kancing baju, keranjang buah, dan cangkir.
ADVERTISEMENT
Hal ini ternyata dilakukan langsung oleh pengrajin asal Blitar yang sudah menembu pasar dunia. Ia membuat batok kelapa menjadi sebuah cangkir dengan harga jual yang lumayan tinggi, bahkan Amir sudah mengirimkan produknya tersebut ke India sebanyak 800 ribu buah.
Untuk satu cangkirnya dijual dengan harga Rp 8 ribu per buah, kap lampu Rp 25 ribu sampai Rp 350 ribu per buah dan kalung ia jual dari harga Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu per satuannya.

2. Usaha Pembuatan Campuran Obat Nyamuk

Ilustrasi obat nyamuk bakar. Foto: Shutter Stock
Pernakah kamu melihat obat nyamuk yang berbentuk lingkaran? Ternyata pembuatan produk tersebut salah satu bahannya adalah batok kelapa, loh. Namun yang digunakan bukan sekadar tempurung kelapa melainkan batok kepala yang sudah diolah menjadi tepung.
ADVERTISEMENT
Nantinya tepung batok kelapa tersebut berfungsi sebagai penghambat laju pembakaran pada obat nyamuk. Nah untuk membuat usaha ini kamu juga perlu untuk bekerja sama dengan perusahaan atau toko yang memproduksi pembuatan obat nyamuk. Dari sana proses pembuatannya akan kamu dapatkan sekaligus menjadi pembelajaran.

3. Usaha Sepatu Berbahan Dasar Batok Kelapa

Sepatu dengan campuran batok kelapa. Foto: pijakbumi.com
Sepatu berbahan dasar batok kelapa ternyata diwujudkan oleh merek sepatu lokal, Pijak Bumi. Untuk membuat bisnis sepatu ini dibutuhkan beberapa bahan baku seperti kulit samak nabati dari Pekalongan, kemudian katun organik serta kulit kelapa yangsudah dilebur menjadi bubuk dan kemudian dicetak menjadi kain.
Dari beragam bahan baku tersebut, Pijak Bumi langsung mendesain dan membuat sepatu secara mandiri. Harga sepatu ramah lingkungan ini dipatok mulai dari Rp 375.000 per pasang sampai Rp 1,8 juta per pasang.
ADVERTISEMENT