Rini Soemarno: BUMN Cetak Keuntungan Sekitar Rp 190 Triliun pada 2018

Konten Media Partner
23 Maret 2019 18:02 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri BUMN Rini Soemarno rayakan ultah di Brebes, Sabtu (23/3). Dalam kesempatan itu, dia membagi-bagikan sembako kepada masyarakat.
zoom-in-whitePerbesar
Menteri BUMN Rini Soemarno rayakan ultah di Brebes, Sabtu (23/3). Dalam kesempatan itu, dia membagi-bagikan sembako kepada masyarakat.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BREBES - Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperingati hari ulang tahun (HUT) di rest area 260, eks PG Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes Brebes, Sabtu (23/3). Kesempatan itu dihadiri oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno.
ADVERTISEMENT
Rini mengungkapkan, pada 2018 lalu, kementerian yang dipimpinnya telah mencekat keuntungan sekitar 190 triliun. Karena itu, pihaknya akan merayakan ulang tahun ke-21 ini secara besar-besaran.
"Ini ultah yang ke 21 kita harus merayakannya secara besar-besaran. Kita sudah mencetak keuntungan. Di akhir 2018 ini, auditnya memang belum selesai. Tapi Insyaallah di kisaran 190 Triliun," jelas Rini.
Dengan keuntungan sebanyak itu, dia bersyukur. Karena itu, Rini ingin menggunakan kesempatan itu untuk berbagi sembako kepara masyarakat di Brebes. "Jadi Alhamdulillah ini keuntungan yang baik, sehingga kami juga perlu berbagi dengan masyarakat berbagi kebahagiaan dalam ultah kementrian BUMN," ujar dia.
Dipilihnya eks PG Banjaratma sebagai tempat rangkaian ultah menurut Rini sebagai upaya untuk memperkenalkan tempat tersebut. Sehingga masyarakat luas terutama sekitar rest area mengetahui keberadaan tempat tersebut.
"Saat ini kita coba promosikan dulu. Bebarengan dengan ultah BUMN, supaya masyarakat mulai tahu. Jadi barangkali masyarakat sekitar sini ada yang punya dagangan yang menarik, di sini terbuka untuk mereka," terang Rini.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan juga bahwa rest area eks PG Banjaratma ini bukan sembarang rest area. Kalau rest area identik dengan hanya digunakan bagi pengguna jalan tol, pada rest area ini konsepnya supaya menarik perhatian karena disini menyediakan segala macam jenis makanan.
"Jadi bukan hanya sekedar mampir untuk isi bensin atau istirahat saja, tapi mereka dari awal memang berfikir untuk mengunjungi rest area ini," sambung Rini.
Lebih lanjut dijelaskan, Pemerintah membangun infrastruktur jalan tol tetap menekankan supaya tidak mematikan usaha kecil warga sekitar. Sehingga bagaimana caranya agar jalan tol tetap memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM.
"Jadi ini program yang kita lakukan. Kita bekerjasama dengan pemkab Brebes, sehingga kita mendapatkan daftar UMKM yang ada di Brebes yang bisa berjualan di sini," ujar Rini.
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan tersebut, Kementrian BUMN mengundang masyarakat sekitar untuk masuk ke rest area dan bersama-sama merayakan ultah BUMN. Disediakan sembako murah seharga Rp 10 ribu bagi warga. Dengan catatan, mereka membawa ponsel android yang sudah terinstal aplikasi Link Aja.
Rini menerangkan, Link Aja merupakan sebuah aplikasi untuk mensinergikan antar BUMN sehingga bisa memberikan kemudahan pelayanan dan reward bagi masyarakat yang membeli produk-produk BUMN.
"Sehingga ketika masyarakat membeli produk BUMN. mereka akan mendapatkan loyalty point. Ini kan kita masih soft launching. Kalau peresmian nanti pas ultah 13 April. Nantinya kalau beli tiket garuda, tiket KA, beli BBM, dapet point, pokoknya semua produk BUMN. Dengan demikian kita bisa memberikan loyalti kepada masyarakat," pungkas Rini.
ADVERTISEMENT
Reporter: Yunar Rahmawan
Editor: Irsyam Faiz