Klarifikasi Demokrat atas Berita SBY Promosikan AHY untuk Pilpres 2024

Konten Media Partner
31 Oktober 2018 12:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Klarifikasi Demokrat atas Berita SBY Promosikan AHY untuk Pilpres 2024
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KLARIFIKASI
Menanggapi tulisan 'SBY Promosikan AHY untuk 2024 kepada Ratusan Petani Brebes' Panturapost via kumparan, yang memberitakan seolah-olah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempromosikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres untuk Pilpres 2024 mendatang, kami sampaikan berita itu tidak benar.
ADVERTISEMENT
Hal yang sebenarnya terjadi adalah sebagai berikut:
Kegiatan SBY di Brebes adalah kegiatan Meet The People (MTP) bertajuk 'Giliran Rakyat Bicara'. Kegiatan itu sengaja di-setting bersifat terbuka untuk umum di mana setiap masyarakat Brebes dipersilakan hadir dan menyampaikan aspirasinya.
Banyak aspirasi yang disampaikan. Salah satunya dari Suherman, anggota Kelompok Tani Desa Kalingangsa Wetan, Brebes, yang berterima kasih atas program-progra pro-rakyat di era kepemimpinan SBY. Di ujung penyampaian aspirasinya Suherman bertanya: “Apabila Bapak (SBY, red) bisa memimpin kembali atau putera nipun panjenengan Mas Agus (AHY, red) bisa memimpin, kembalikan (program-program pro rakyat di, red) Brebes biar rakyat itu bisa sejahtera.”
SBY berterima kasih atas apresiasi dari Suherman. Lalu SBY menegaskan bahwa dirinya sudah tidak bisa menjabat Presiden RI lagi sebab sudah menjabat presiden selama dua periode. Kalau ada yang ingin berkuasa selamanya malah tidak baik. Meski tidak lagi menjabat presiden, SBY tetap berikhtiar untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.
ADVERTISEMENT
Terkait harapan agar AHY menjadi pemimpin Indonesia di tahun 2024, SBY juga mengaspresiasinya. Sebab setiap apresiasi rakyat wajib untuk didengar, dihargai, dan ditanggapi. Meski begitu, SBY tidak membahas Pilpres 2024. SBY lebih berfokus untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi rakyat saat ini.
“Tadi menyebut-nyebut ada Agus Harimurti Yudhoyono. Kalau Bapak-Ibu ada yang menginginkan AHY memimpin 2024, dengan izin Allah, Partai Demokrat harus berhasil dalam pemilu tahun depan. Tapi begini Bapak-Ibu, yang penting sekarang ini ada masalah, masalah bawang, masalah beras, dan masalah-malasah lainnya,” kata SBY.
Demikianlah yang sebenarnya terjadi dalam giat MTP Selasa (30/10/2018) malam di Brebres. Sehingga tulisan 'SBY Promosikan AHY untuk 2024 kepada Ratusan Petani Brebes' Panturapost via kumparan adalah tidak benar dan menyesatkan publik.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan tema MTP 'Giliran Rakyat Bicara', Partai Demokrat belum memikirkan pemilu 2024. Partai Demokrat hanya berfokus untuk membantu kesulitan masyarakat Indonesia hari ini di tengah situasi perekonomian yang melemah. Segala aspirasi rakyat dalam pertemuan-pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti oleh kader-kader Partai Demokrat, baik yang mengabdi di eksekutif maupun legislatif, dari tingkat pusat hingga tingkat daerah. (*)