Larangan Mudik, Fasilitas Transportasi di Tiga Daerah di Sulteng Belum Dibatasi

Konten Media Partner
25 April 2021 15:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pintu Masuk: Bandara Syukuran Aminudin Amir di Luwuk, Kabupaten Banggai masih melayani penerbangan untuk penumpang yang hendak keluar dan masuk ke daerah ini. Foto: Alisan/Banggai
zoom-in-whitePerbesar
Pintu Masuk: Bandara Syukuran Aminudin Amir di Luwuk, Kabupaten Banggai masih melayani penerbangan untuk penumpang yang hendak keluar dan masuk ke daerah ini. Foto: Alisan/Banggai
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bupati Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), Herwin Yatim mengatakan masyarakat umum di daerah yang dipimpinnya telah mengetahui akan diperketatnya semua pintu masuk ke daerah itu, menyusul larangan mudik.
ADVERTISEMENT
Pemerintah daerah menurutnya, saling berkoordinasi untuk memantau arus mudik di lapangan. Selain itu, aparatur sipil Negara (ASN) juga telah dilarang mudik sesuai edaran pemerintah pusat.
"Pemda sudah pertegas melalui penegasan yang sudah disampaikan oleh Kepala BKPSDM bahwa khusus ASN akan kena sanksi jika melanggar Aturan mudik itu," kata Herwin, Minggu (27/4).
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Laut Aswin Musa menyatakan, pihaknya siap mengikuti aturan larangan mudik dari pemerintah pusat. Namun, Pemerintah Kabupaten Banggai Laut akan menggelar rapat membahas secara detail aturan larangan mudik.
"Iya masih dibahas lagi dengan petinggi petinggi di daerah ini," katanya.
Hubungkan ke Sejumlah Kota: Pelabuhan Banggai di Kabupaten Banggai Laut masih membuka pelayaran ke sejumlah kota di Indonesia, di antaranya ke Luwuk, Kabupaten Banggai hingga Sulawesi Tenggara. Foto: Alisan/Banggai
Sampai saat ini, Pelabuhan Banggai masih beroperasi seperti biasa. Pelayaran ke sejumlah wilayah masih dilakukan seperti menuju Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai. Namun, KM Sinabung sejak beberapa pekan lalu telah masuk masa perawatan, sehingga tak lagi melayani penyeberangan ke beberapa kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Banggai Laut.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, untuk menuju Banggai Laut, terdapat sejumlah alternatif. Selain menggunakan KM Sinabung, bisa melalui Bandara Syukuran Aminudin Amir di Luwuk, Kabupaten Banggai, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal laut.
Pantauan di Terminal Biak, Kabupaten Banggai maupun Terminal Kilometer 8 masih beroperasi seperti biasa. Dua terminal menghubungkan Kabupaten Banggai dengan Tojo Una-una, Poso, sampai Kota Palu. Kemudian Morowali dan Morowali Utara.
Di Pelabuhan, KM Tilongkabila juga masih melayani penyeberangan ke sejumlah wilayah, dijadwalkan pada Selasa (27/4), armada milik PT Pelni itu akan berlabuh di Pelabuhan Luwuk.
Pelayaran dari Pelabuhan Luwuk menuju Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, masih dibuka.