Tingkatkan Bonding pada Anak Melalui ‘Masak Seru Bareng Ibu’!

Novitania Pambhudi
Seorang Dosen di Universitas Terbuka dan Content Creator, yang aktif membagikan berbagai tips seputar lifestyle, beuty dan parenting di www.novitania.com dan instagram @akunovitania
Konten dari Pengguna
17 Desember 2022 20:45 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Novitania Pambhudi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tingkatkan Bonding pada Anak Melalui ‘Masak Seru Bareng Ibu’!
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jadi ibu tuh harus serba bisa ya. Bisa jadi guru, jadi suster sampai jadi chef. Yup, pekerjaan rumah tangga memang menuntut para ibu jadi multitasking. Makanya nih, sebagai seorang ibu, aku terus mengupgrade diri biar bisa menghandle segudang pekerjaan rumah.
ADVERTISEMENT
Tapi jujur, kadang kala aku sering ngalamin stuck gitu. Terlebih soal menyajikan makanan atau cemilan untuk keluarga. Maunya yang simple tapi enak dan tentunya praktis. Tapi, bikin makanan dan cemilan itu kadang takes time banget nggak sih.
Untuk mengatasi hal itu, akhirnya aku sharing dengan beberapa Mommies lainnya dan juga baca-baca buku seputar rumah tangga. Ternyata rasa stuck yang aku alami, karena aku nggak melibatkan seluruh anggota keluarga dalam pekerjaan rumah.
Padahal penting banget lho, membagi pekerjaan rumah tangga ke suami dan anak-anak. Selain meringankan tugas kita, hal itu juga bermanfaat untuk melatih kemandirian mereka.
Kini, pelan-pelan aku berusaha mendelegasikan beberapa pekerjaan rumah pada suami dan anak-anak. Contohnya saja, suami bertugas mencuci pakaian, anak pertamaku Syauqi bertugas mencuci piring dan anak keduaku, Raisha bertugas membantuku masak di dapur.
ADVERTISEMENT
Alhamdulillah, ternyata setelah dilakukan beberapa pekerjaan rumah yang semula berat kini jadi lebih ringan dan menyenangkan ya. Selain itu, aku juga merasa ada bonding yang semakin kuat antara aku dan anak-anak.
Yup, ternyata memasak bersama anak itu memiliki banyak manfaat lho. Mulai dari melatih kedewasaan anak, menambah pengetahuan anak soal perdapuran dan masak-memasak, selain itu juga dapat melatih kepekaan dan tanggung jawab anak.
Satu hal yang aku syukuri adalah dengan memasak bersama Raisha di dapur, Alhamdulillah berat badan Raisha perlahan-lahan mulai naik. Untuk yang belum tahu, anakku Raisha didiagnosis dokter mengalami alergi dan sedikit masalah pada sistem pencernaannya sehingga penyerapan gizinya kurang maksimal.
Masak Bersama Anak Makin Seru dengan Miyako dan Rinnai
Thanks to kecanggihan teknologi, karena masak zaman sekarang jadi lebih praktis dan nggak seribet dulu. Terlebih ada berbagai produk dari Miyako dan Rinnai, teman wajib anda yang dapat membantu kita memasak makanan untuk keluarga.
ADVERTISEMENT
Menurutku, produk-produk dari Miyako dan Rinnai ini juga sangat friendly user sehingga bisa digunakan oleh anak-anak juga. Namun, jangan lupa tetap diawasi ya!
Kalau soal produk andalan sih dari dulu aku menggunakan kompor Rinnai dan Rice Cooker Miyako. Alhamdulillah dua produk ini awet banget, padahal sudah cukup lama aku gunakan.
Yes, dimulai dari Rinnai, produk kompor gasnya jadi andalan banyak ibu rumah tangga ya. Karena dari mulai Mamaku, Mertuaku sampai para tetangga juga pakai kompor Rinnai. Sama seperti Rice Cooker Miyako yang jadi andalan para buibu dalam menyajikan nasi putih hangat yang nikmat untuk keluarga.
Btw tahu nggak sih Moms, kalau Miyako dan Rinnai sedang mengadakan kompetisi foto di instagram. Kegiatan kolaborasi ini bertujuan merayakan Hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2023 lho!
ADVERTISEMENT
Kompetisi Foto Miyako x Rinnai, Mommies Wajib Ikut!
Dalam misinya untuk memenuhi kebutuhan produk peralatan rumah tangga bagi keluarga Indonesia, Miyako dan Rinnai menghadirkan kompetisi berbasis foto pada laman Instagram. Melalui Foto kompetisi yang berlangsung pada tanggal 1 - 30 Desember 2022, dengan hadiah menarik di mana pemenang berkesempatan masak bersama Chef Norman Ismail secara langsung di studio Miyako x Rinnai.
Dengan mengusung tema “Masak Seru Bareng Ibu”, Miyako x Rinnai bertujuan agar para Ibu dapat berbaur dengan anak-anak mereka serta memberikan edukasi positif kepada anak akan banyaknya kegiatan positif yang dapat dilakukan di rumah bersama keluarga. Dari kegiatan positif inilah tercipta momen seru di hari Ibu dan dapat berlanjut ke kegiatan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Kompetisi foto ini juga jadi ajang kreativitas para Ibu yang saat ini sudah gemar mengabadikan momen seru bersama buah hati di sosial media. Selain itu kegiatan ini juga mengajak para Ibu untuk semakin kreatif dalam mengisi konten laman Instagramnya. Apalagi Ibu-ibu saat ini sudah cerdas memanfaatkan sosial media untuk berkreasi di dapur, jadi kegiatan ini diharapkan dapat semakin menambah ragam kegiatan Ibu di rumah.
Eiitsss, nggak hanya kompetisi foto aja lho, Miyako x Rinnai juga akan mengadakan LIVE Cooking Demo di Instagram pada tanggal 23 Desember 2022 dengan menggunakan beberapa produk Miyako dan RINNAI. Ada berbagai hadiah menarik yang akan dibagikan selama acara berlangsung.
Nah, para Mommies yang mengikuti foto kompetisi, juga dapat ikut berpartisipasi dalam LIVE Cooking Demo ini tanpa melakukan registrasi. LIVE Cooking Demo akan berlangsung 2x yaitu pada pukul 09.00 - 10.00 WIB di Instagram Rinnai (@rinnai_indonesia) dan 14.00-15.00 WIB di Instagram Miyako (@miyako_indonesia).
ADVERTISEMENT
Yuk Moms, abadikan keseruan masak bersama anak dan ikutan kompetisi ‘Masak Seru Bareng Ibu’ Miyako x Rinnai karena ada banyak hadiah menarik. Hadiah utamanya berupa produk-produk Miyako dan Rinnai senilai jutaan rupiah lho. So, jangan lupa ikutan ya! ^_^