Ini Dia Pelukis Kaleng Biskuit ‘Melegenda’ Khong Guan

Konten Media Partner
19 Juni 2018 8:04 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ini Dia Pelukis Kaleng Biskuit ‘Melegenda’ Khong Guan
ADVERTISEMENT

Bernardus merupakan seorang pelukis sekaligus desainer grafis ini sudah menggeluti dunia desain grafis sejak tahun 1970-an.

ADVERTISEMENT

Di dalam desain kaleng Khong Guan, terlihat seorang ibu yang sedang makan bersama dua anaknya tanpa keberadaan sang ayah.

Uniknya dari lukisan pada kaleng biskuit tersebut sempat viral di media sosial, yakni pertanyaan usil tentang keberadaan si ayah pada lukisan tersebut.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Di Jakarta, Bernadus bekerja sebagai tukang gambar di sebuah perusahaan sparasi warna. Di sanalah ia mendapat order untuk mengerjakan ilustrasi kaleng biskuit Khong Guan yang pertama kali muncul sekitar tahun 1971. Pria berusia 68 tahun tersebut membeberkan bahwa ide gambarnya berasal dari perusahaan, bukan darinya.

Bernadus mengaku hanya melukis ulang memakai cat air sesuai contoh gambar hitam putih yang dipesan. Contoh gambar itu seperti kita lihat sekarang yaitu ibu dan dua anak yang duduk memutari meja. Karya-karyanya dibuat secara manual dengan melukisnya di atas kertas menggunakan cat air.

ADVERTISEMENT

Puas dengan hasil di Khong Guan, Bernadus kemudian dipercaya menggarap lukisan untuk waffer Nissin hingga kemasan produk Hero jaman dulu. Namun seiring perkembangan jaman maka orderan pun turun dan akhirnya ia menopang hidup melalui bisnis lain. Berbagai pekerjaan sudah dilakoninya hingga awal 2000-an sebelum memutuskan untuk berhenti.

Kini Bernardus sedang disibukkan dengan aktivitas mengajar jenis pengobatan tradisonal bernama penyembuhan prana, ke seluruh penjuru Tanah Air.

  Baca Juga : Biskuit Khong Guan yang Melegenda di Hari Raya Model Cantik Pembawa Trofi Piala Dunia 2018 Anak Pedagang Buah Pinggir Jalan Pangeran Kamboja Kecelakaan, Istri Meninggal Dunia Video: Happy Birthday Mo Salah!

ADVERTISEMENT
27431110790527581
Bagikan: