Unit Arsip IPB University & Universitas Terbuka Sharing Penguatan SDM Kearsipan

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
28 Mei 2021 8:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Unit Arsip IPB University dan Universitas Terbuka Sharing Penguatan SDM Kearsipan
zoom-in-whitePerbesar
Unit Arsip IPB University dan Universitas Terbuka Sharing Penguatan SDM Kearsipan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Unit Arsip IPB melakukan kerjasama dengan Unit Kearsipan Universitas Terbuka Laksanakan Webinar Nasional dan Pameran Kearsipan, 24/5. Webinar ini dalam rangka memperingati hari kearsipan nasional yang jatuh setiap tanggal 18 Mei. Tanggal tersebut merupakan tanggal disahkan dan diundangkannya Undang-undang (UU) Kearsipan yang pertama yaitu UU Nomor 7 tahun 1971 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, webinar ini bertujuan meningkatkan kesadaran ber-kearsipan. Tidak hanya itu, webinar juga berusaha meningkatkan kompetensi insan kearsipan khususnya dalam pengetahuan tentang tertib arsip. Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian IPB University dalam rangka mengembangkan tanggung jawab dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia di bidang kearsipan.
Pada kesempatan ini, Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Alumni, Prof Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat menyampaikan tentang sejarah perintisan pengelolaan arsip di IPB University dengan membentuk satu bidang kearsipan di Perpustakaan IPB University. Lembaga Kearsipan IPB University diberi nama Unit Arsip dan mempunyai tanggung jawab dalam pengelolaan arsip statis dan pembinaan kearsipan di lingkungan IPB University.
Sampai saat ini, Unit Arsip IPB University secara rutin melakukan pemberian ilmu dan pengetahuan mengenai kearsipan. Hal ini dilakukan karena penyelenggaraan tugas umum pekerjaan sehari-hari harus dengan diimplementasikannya kearsipan secara baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Hal ini sejalan dengan Gerakan tertib Arsip dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel dan transparan. Dengan demikian webinar ini sangat membantu dalam mensosialisasikan dan mewujudkan sadar tertib arsip di kalangan sumber daya manusia kearsipan. Sadar tertib arsib tersebut meliputi tertib kebijakan kearsipan, tertib organisasi kearsipan, tertib sumber daya manusia kearsipan, tertib prasarana dan sarana kearsipan, tertib pengelolaan arsip, dan tertib pendanaan kearsipan.
“Saya berharap webinar dapat bermanfaat agar lebih memahami tertib arsip dalam pekerjaan sehari-hari, dan dapat berperan dalam pengelolaan arsip secara profesional, sehingga arsip benar-benar dapat terkelola dengan baik dan benar serta menjadi bukti akuntabilitas kinerja di instansinya masing-masing,” ujar Prof Dodik.
Ketua Forum Pengelola Arsip IPB University, Setyo Edy Susanto menyampaikan sedikitnya ada 410 org dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti webinar. Para peserta berasal dari berbagai instansi baik dari pemerintah, institusi pendidikan maupun instansi lainnya.
ADVERTISEMENT
Turut hadir sebagai pembicara, Deputi Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs Sumrahyadi, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka (UT), Drs Moh Muzammil, Kepala Unit Arsip IPB University, Drs B Mustofa, MLib, Kepala Unit Kearsipan, Universitas Terbuka, Siti Samsiyah. (RA)