PSM Agria Swara IPB University Kenalkan Budaya Indonesia di Jepang

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
4 November 2019 22:43 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
PSM Agria Swara IPB University Kenalkan Budaya Indonesia di Jepang
zoom-in-whitePerbesar
PSM Agria Swara IPB University Kenalkan Budaya Indonesia di Jepang
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Paduan Suara Mahasiswa Agria Swara (PSM Agria Swara) IPB University kembali mengenalkan budaya Indonesia di kancah internasional. Kali ini PSM Agria Swara menyambangi negara Jepang dalam kegiatan Kagoshima Asian Youth Arts Festival (KAYAF) tahun 2019 yang digelar pada 19-20 Oktober lalu.
ADVERTISEMENT
Kagoshima Asian Youth Arts Festival (KAYAF) adalah sebuah festival seni budaya yang diprakarsai oleh Pemerintah Kota Kagoshima sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun Kota Kagoshima yang menampilkan berbagai kebudayaan dari beberapa negara di Asia. Festival ini diikuti dari berbagai negara di Asia seperti Taiwan, China, Indonesia, Myanmar, Thailand, Singapura, dan Malaysia.
PSM Agria Swara IPB University merupakan satu-satunya tim paduan suara dari Indonesia yang diundang ke KAYAF 2019. Pada kesempatan kali ini, PSM Agria Swara IPB University berusaha memperkenalkan budaya Indonesia di festival ini melalui nyanyian beberapa lagu daerah dalam komposisi paduan suara.
Sedikitnya ada empat lagu yang dinyanyikan pada hari pertama KAYAF ini, yaitu Lisoi dari Sumatera Utara, O Ina Ni Keke dari Sulawesi Utara, Bungong Jeumpa dari Aceh Darussalam, dan Janger dari Bali. Pada hari kedua, PSM Agria Swara IPB University membawakan lagu Sik Sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara, Gai Bintang dari Madura, Montor Montor Cilik dari Jawa Tengah , dan Yamko Rambe Yamko dari Papua.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya melalui nyanyian, PSM Agria Swara IPB University juga mengenalkan pempek, makanan khas Palembang kepada siswa dan guru SMP di daerah Taniyama, Kagoshima, Jepang. Tim PSM Agria Swara IPB University juga mengenalkan pakaian adat Indonesia dengan tampil memakai pakaian adat tersebut.
Di penghujung kegiatan, tim PSM Agria Swara IPB University mendapat pujian dari panitia penyelenggara.
“Bertemu dengan anak-anak muda luar biasa bertalenta ini, sungguh menjadi pengalaman baik yang harus disyukuri. Tim Agria Swara tidak hanya unggul dalam hal bernyanyi, tetapi juga soal kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama yang sangat patut untuk dicontoh oleh anak-anak muda lainnya,” ujar panitia KAYAF 2019 melalui akun resmi instagramnya. (*/RA)
Keyword: PSM Agria Swara, Mahasiswa IPB, budaya Indonesia
ADVERTISEMENT