Ada Ciganlija, Tempat Musim Panas Tersibuk di Beograd

Mutiara Anggun
Fully engaged in progressing and transforming minds. Holds an M.A. in International Development and Cooperation and a B.Ec. in Economics and Development Studies
Konten dari Pengguna
17 Maret 2020 15:41 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mutiara Anggun tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kerumunan orang bersantai di Ada Ciganlija (Sumber: Flickr.com/jbdodane)
zoom-in-whitePerbesar
Kerumunan orang bersantai di Ada Ciganlija (Sumber: Flickr.com/jbdodane)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pernah tidak terbayang ada pantai di tengah kota, di sebuah negara tak berlaut? Di Beograd, ibu kota Serbia, hal mustahil tersebut bisa ditemukan. Lalu apa sih yang membuatnya menarik hingga jadi tempat rekreasi favorit warga lokal?
Orang-orang berjemur di sepanjang pantai (Sumber: Flickr.com/Strile)
Tempat rekreasi favorit warga lokal itu bernama Ada Ciganlija. Ada Ciganlija dulunya hanyalah sebuah pulau di Sungai Sava. Pulau tersebut kemudian diubah menjadi semenanjung. Pemerintah kota menciptakan danau buatan dan pantai di atasnya sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Ada Ciganlija membentang sejauh 4,2 kilometer dengan kedalaman air rata-rata 4-6 meter. Total luas area ini adalah 800 hektare.
Ada Ciganlija, tempat rekreasi favorit warga Beograd (Sumber: Flickr.com/jbododane)
Ada Ciganlija merupakan pusat rekreasi terbesar di Beograd khususnya di musim panas. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada pengunjung. Tak heran jika tempat ini dikunjungi hingga 100.000 pengunjung setiap hari. Bahkan di akhir pekan jumlah pengunjung membludak menjadi 300.000 orang. Karena popularitasnya pula, Ada Ciganlija kemudian dijuluki “Laut Beograd” atau dalam bahasa lokal disebut “More Beograda”.
"Laut Beograd" sebagai pusat rekreasi terbesar (Sumber: Flickr.com/Jason)
Seluruh area Ada Ciganlija dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Danau di area ini ideal untuk berenang, berperahu, kayaking, berselancar angin, dan olahraga lain seperti polo air. Sarana permainan air untuk anak-anak seperti floating water course juga tersedia. Selain itu area ini memiliki lebih dari 50 lapangan olahraga, termasuk lapangan golf, rugby, basket, sepak bola, tenis, dan voli pantai. Bagi pecinta olahraga ekstrim, fasilitas bungee jumping, panjat tebing, dan paintball juga tersedia di lokasi ini.
Sarana floating obstacle course untuk anak-anak (Sumber: Flickr.com/jbdodane)
Berpose setelah pertandingan rugby di Ada Ciganlija (Sumber: Flickr.com/chat des Balkans)
Untuk yang senang memancing, tidak usah kuatir, disediakan juga resort memancing yang dikenal dengan nama Ada Safari. Ada Safari adalah danau kecil di ujung utara Ada Ciganlija yang digunakan untuk kegiatan memancing. Konon katanya spesies-spesies ikan yang ada di danau ini merupakan spesies yang jarang ditemukan di Serbia. Kebun binatang kecil juga tersedia di sebelah danau. Isinya burung-burung rawa seperti bebek dan angsa, serta binatang eksotis seperti burung merak dan kambing kerdil.
Tempat memancing di Ada Safari (Sumber: Flickr.com/Katarina Kovac)
Meskipun setapak, jalan-jalan yang terhubung langsung dengan tepian danau dirancang ramah untuk pejalan kaki dan kereta bayi. Ada juga jalur sepeda khusus yang mengelilingi danau yang letaknya sedikit menjauh dari pantai. Jadi anda bisa bersepeda dengan bebas tanpa kuatir dengan kerumunan orang. Anda sendiri tak perlu kuatir jika tak punya sepeda. Ada Ciganlija menyediakan tempat penyediaan sepeda dengan berbagai macam jenis sesuai keinginan. Bahkan bagi anak-anak dan lansia, disediakan kereta penumpang kecil. Kereta ini naik dan turun di sepanjang danau setiap setengah jam sekali.
Kereta kecil yang mengililingi danau (Sumber: Pribadi)
Daya tarik lainnya di Ada Ciganlija adalah kafe dan restoran. Berjejer di sepanjang pantai, kafe dan restoran ini menawarkan makanan dan minuman segar. Makanan yang dijual di sini juga cukup beragam. Kebanyakan menjual sosis, ayam, dan daging panggang, serta kentang goreng. Semua ditawarkan dengan harga yang wajar.
Para pengunjung menikmati hidangan makanan di salah satu restoran di Ada Ciganlija (Sumber: Flickr.com/Bill Kralovec)
Buat yang senang barbeque seperti saya, area ini juga menyediakan lokasi terbuka khusus. Serunya lagi, di lokasi ini sudah disediakan sejumlah tungku khusus untuk barbeque. Tak heran jika lokasi ini sering digunakan warga untuk mengadakan semacam gathering. Beberapa teman saya bahkan mengadakan perayaan ulang tahun di lokasi ini.
Berpose setelah perayaan ulang tahun di area barbeque Ada Ciganlija (Sumber: Pribadi)
Pantai ini menggunakan batu-batu kecil dan kerikil sebagai pengganti pasir, yang membuatnya terlihat lebih bersih. Air danau juga cukup jernih dan bersih karena air dari Sungai Sava terus mengalir melalui Ada Ciganlija. Jujur saja, kita dapat dengan mudah menghabiskan sepanjang hari di sini seperti berolahraga, berenang, atau bersantai sambil menikmati makanan enak.
ADVERTISEMENT
Bahkan jika ingin tinggal lebih lama sampai malam, banyak kafe di lokasi ini yang berubah menjadi klub dan bar. Kita juga dapat menikmati koleksi seni batu di dekat pintu masuk danau. Formasi batu tersebut disebut "Kota Batu" yang merupakan karya seniman patung Ratko Vulanovic.
Koleksi seni batu di dekat pintu masuk danau (Sumber: Flickr.com/jbdodane)
Formasi batu karya seniman patung Ratko Vulanovic (Sumber: Flickr.com/Djordje Nesic)
Salah satu yang mencolok dari Ada Ciganlija adalah landmark air mancur di tengah danau. Cukup mirip meski tidak setinggi air mancur terkenal di Jenewa, Swiss. Pada malam hari, lampu air mancur tersebut dinyalakan dan menjadi salah satu pemandangan menarik di kota Beograd.
Wujud air mancur di tengah danau (Sumber: Flickr.com/Philipp Ostermann)
Secara keseluruhan, Ada Ciganlija adalah sebuah contoh baik bagaimana sebuah kota diciptakan dengan ruang perkotaan yang semarak. Ketersediaan sarana rekreasi dan olahraga yang lengkap tentunya dapat mendorong gaya hidup sehat masyarakat.
ADVERTISEMENT