5 Rekomendasi Film Musikal Anak Tanah Air dari Masa ke Masa

MIXTAPE
Everything music.
Konten dari Pengguna
30 Maret 2020 15:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari MIXTAPE tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: HDQWalls
zoom-in-whitePerbesar
Foto: HDQWalls
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional di Indonesia. Tepatnya tanggal 30 Maret 1950 adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Jasanya yang besar terhadap dunia perfilman Indonesia inilah yang membuat tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional.
ADVERTISEMENT
Dunia film terutama film anak, sangat identik dengan musik di mana beberapa film sering menyematkan lagu-lagu di dalamnya. Nah di hari film nasional ini, Mixtape bakal kasih kamu 5 rekomendasi film musikal anak tanah air dari masa ke masa yang bisa kamu tonton. Apa saja? Ini dia.

Petualangan Sherina (2000)

Siapa yang tidak tahu dengan film Petualangan Sherina? Rasanya tidak ada. Film yang dirilis pada 7 Juni 200o ini merupakan salah satu film musikal indonesia terlaris sepanjang masa. Lagu-lagu dari film ini juga sukses booming dan mengangkat nama Sherina Munaf menjadi salah satu aktris dan penyanyi terkenal di Indonesia. Film yang juga dibintangi oleh Derby Romero ini menceritakan tentang petualangan seorang anak bernama Sherina yang berusaha menyalamatkan temannya dari sekelompok penculik. Kalian angkatan 90-an pasti hafal dengan lagu-lagu di film ini kan?
ADVERTISEMENT

Joshua Oh Joshua (2000)

Joshua Oh Joshua juga termasuk salah satu film musikal terbaik Indonesia. Dirilis pada 21 Desember 2000, film ini mengisahkan tentang Joshua si anak miskin yang ternyata adalah anak orang kaya yang diambil oleh seseorang yang sakit jiwa pada saat ia masih bayi. Cerita film ini begitu sangat mengharukan, di mana Joshua kecil harus mengalami berbagai macam masalah hidup di umur yang masih sangat belia sampai akhirnya ia bertemu dengan kedua orang tua kandungnya. Film ini sukses melejitkan nama Joshua Suhendar yang sampai saat ini juga masih aktif di dunia perfilman Indonesia.

Rumah Tanpa Jendela (2011)

Film yang dirilis tahun 2011 ini menceritakan tentang persahabatan Aldo seorang anak pengusaha kaya raya dengan Rara, seorang anak pemulung miskin yang rumahnya terbuat dari kardus-kardus bekas dan sisa-sisa sampah. Rara selalu menginginkan rumah yang mempunyai jendela. Film ini juga sangat mengharukan dengan jalan cerita yang bisa bikin kamu meneteskan air mata. Film ini juga dipenuhi dengan lagu-lagu dengan lirik yang sedih.
ADVERTISEMENT

Ambilkan Bulan (2012)

Film musikal yang terinspirasi dari salah satu lagu anak indonesia sepanjang masa ini dirilis pada 28 Juni 2012. Ambilkan Bulan mengisahkan tentang seorang anak bernama Amelia yang merasa kesepian usai kepergian Ayahnya dan sang Ibu yang sibuk dengan pekerjaannya. Amelia lalu pergi ke kampung halaman mendiang sang ayah dan memulai petualangan seru yang tidak akan pernah dia lupakan. Lagu-lagu film ini juga sangat bagus di mana salah satunya adalah lagu Ambilkan bulan yang pastinya kamu semua hafal.

Naura & Genk Juara (2017)

Film Musikal yang dirilis pada 16 November 2017 ini menceritakan tentang seorang anak bernama Nauran dan kawan-kawannya yang dipilih untuk mewakilkan sebuah olimpiade sains yang berlokasi di Sukabumi. Siapa sangka kedatangan mereka ke sana malah menjadi sebuah petualangan seru dan mendebarkan. Lagu-lagu film ini juga sangat bagus dan enak untuk didengar.
ADVERTISEMENT