UMM Buka Beasiswa bagi YouTuber dan Selebgram, Bisa Dapat Potongan Biaya Kuliah

7 Maret 2023 12:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Youtuber. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Youtuber. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali membuka progam Beasiswa Talenta Unggul bagi semua calon mahasiswa baru atau Maba. Lewat program ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan potongan SPP hingga semester akhir.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman resmi UMM, Beasiswa Talenta Unggul ini terbagi dalam dua skema, yaitu lewat jalur akademik dan non akademik. Untuk jalur akademik, calon mahasiswa bisa mendaftar menggunakan rata-rata nilai rapor 80.
"Untuk non akademik, para pendaftar bisa menggunakan sertifikat atau bukti lain yang memperlihatkan keaktifan di olahraga, organisasi, kepemimpinan, sosial dan lainnya. Misalnya saja sertifikat hafiz sepuluh juz atau juara kompetisi pencak silat,” kata Nurudin dikutip dari laman UMM, Selasa (7/3).
Ilustrasi Beasiswa. Foto: Africa Studio/Shutterstock
Menariknya, untuk skema jalur non akademik UMM membuka kesempatan bagi para content creator, yakni youtuber dan selebgram. Untuk youtuber harus punya 5 ribu subscriber dan Instagram minimal punya 10 ribu pengikut.
“Terutama bagi mereka yang aktif dalam membuat konten kreatif, edukatif, dan positif," jelas Nurudin.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk pendaftaran jalur prestasi ini akan dibuka hingga 8 Juni 2023 mendatang. Nantinya, setiap awal bulan baka diumumkan siapa saja yang lolos beasiswa dan jalur ini. Tahun lalu ada 3.709 pendaftar yang terdiri dari 3.273 jalur akademik dan 432 non akademik.
Untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam program beasiswa ini akan mendapatkan potongan SPP dari awal kuliah sampai semester delapan. Potongannya juga bervariasi yakni 25-75 persen tiap semesternya.
Para peserta yang lolos juga juga diharuskan untuk memiliki indek prestasi (IP) yang stabil, yakni di atas 3,80 tiap semester. Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa yang menerima punya tanggungjawab dan usaha keras untuk mempertahankan nilai.