Tips Agar Tetap Fit Saat Tarawih

15 Mei 2020 21:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi beribadah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi beribadah. Foto: Shutterstock
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tarawih menjadi salah satu ibadah di Bulan Suci yang paling dinanti. Selain bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, ibadah tarawih juga lekat dengan nuansa Ramadhan.
Salat tarawih lebih lama dari salat biasa karena jumlah rakaatnya yang banyak. Hati-hati, kamu bisa kelelahan! Apalagi, karena penerapan physical distancing saat ini, mungkin kamu harus tarawih sendiri di rumah.
Karena itu, usahakan agar tubuh tetap fit agar ibadah tarawih lancar, kamu tetap sehat.
Berikut empat tips agar tubuh tetap fit saat beribadah tarawih di bulan Ramadhan.

1. Hindari makan berlebihan saat berbuka

Menahan lapar seharian mungkin membuatmu lupa diri saat berbuka. Segala macam makanan dilahap, sehingga perutmu pun begah dan sulit bergerak.
Hal ini sebaiknya dihindari, karena saat tarawih kamu bisa kelelahan bahkan kram di bagian perut. Solusinya, makanlah takjil dan makan utama porsi biasa saat berbuka, lalu perlahan setelahnya konsumsi camilan dengan jarak kira-kira 30 menit hingga 1 jam sekali.

2. Jangan tergesa-gesa

com-Ilustrasi shalat. Foto: Shutterstock
Untuk kamu yang tarawih di rumah, kamu mungkin akan tergoda untuk segera menyelesaikan tarawih sehingga tergesa-gesa mengerjakannya. Ingatlah bahwa mengerjakan sesuatu dengan tergesa-gesa tidak baik, dan kamu bisa kelelahan karena melakukan aktivitas yang menguras tenaga.
Karena itu, lakukanlah salat tarawih dengan tenang dan perlahan. Dengan begitu ibadahmu juga makin khusyuk.

3. Fokus dan singkirkan pikiran yang memicu stres

com-Ilustrasi berdoa. Foto: Shutterstock
Saat tarawih dengan waktu yang relatif panjang, kamu bisa saja hilang fokus atau malah memikirkan hal lain yang memusingkan. Hati-hati, terlalu banyak pikiran bisa membuatmu stres.
Karena itu, bersihkan pikiran yang tidak perlu dan fokus pada ibadah yang kamu lakukan, sehingga kamu juga akan merasa nyaman saat dan setelah tarawih.

4. Minum air agar tidak dehidrasi

Salat tarawih yang cukup memakan waktu bisa membuatmu dehidrasi, loh. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya minum air putih di sela-sela tarawih.
Ya, saat jeda rakaat genap ketika tarawih, kamu bisa minum air yang cukup agar badan tetap segar dan adem. Selain itu, cairan tubuhmu akan tetap terjaga.
Agar makin adem, pastikan air minum yang kamu pilih sehat dan berkualitas seperti VIT. Terpercaya sejak tahun 1984, VIT membantu kamu tetap adem dan sehat selama menjalani aktivitas di bulan Ramadhan.
Selain di sela-sela tarawih, konsumsi juga air minum VIT saat berbuka dan sahur agar kamu makin fit di bulan Ramadhan ini. Yuk, tetap sehat bersama VIT, Lepasin Aja!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan VIT