Tanda Kamu Alami Pelecehan Karakter oleh Pasangan

23 Agustus 2019 18:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berbagai cerita pelecehan dalam hubungan udah banyak banget beredar dan disarankan untuk menghindari hal-hal tersebut. Bahkan kalau bisa, jika punya pasangan yang melakukan tindak pelecehan, lebih baik kamu tinggalkan.
ADVERTISEMENT
Namun, ada salah satu pelecehan lagi yang enggak banyak diketahui orang dan mungkin kamu salah satu yang merasakannya. Yup! Sebut saja itu sebagai pelecehan karakter.
Pada awal pacaran, mungkin kamu (korban) enggak menyadari kalau hal ini mengganggu dan lebih berpikir, "Oh, ini cuma fase aja, kok. Nanti dia juga berubah, yang penting sabar."
Kalau kamu enggak mengetahui jelas apakah kamu terjerat dalam pelecehan karakter oleh pasanganmu, berikut tanda-tandanya seperti dilansir Times of India.
Ini adalah salah satu tanda paling umum dari pelecehan karakter dalam suatu hubungan. Kamu selalu dalam keadaan takut atau cemas dalam menghadapi pasanganmu.
Kamu takut mengeluarkan isi hati atau unek-unekmu kepadanya, kamu takut akan bagaimana reaksinya. Hingga pada akhirnya, kamu menyiksa batinmu setiap saat dengan menahan kekesalanmu setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Pasangan seperti biasa seringkali bertindak layaknya parasit yang diam-diam bisa menyedot darahmu hingga kamu enggak berdaya. Sama hal-nya parasit, pasanganmu bisa menyedot habis kepercayaan dirimu hingga kamu enggak mampu berbuat apa-apa.
Dia enggak akan melepaskan kesempatan untuk mengkritikmu supaya dia terlihat lebih baik darimu. Ini membuatmu enggak punya power untuk 'melawan'nya enggak mudah, karena kamu terus dibayang-bayangi dengan 'kekalahan'.
Ini adalah situasi klasik di mana pasangan, yang menjadi korban pelecehan karakter, sering dibuat merasa bersalah, padahal kenyataannya yang salah adalah dia.
Ini terjadi karena pasanganmu memiliki kemampuan untuk bersilat lidah serta memiliki power penuh dibandingkan kamu dalam hubungan kalian.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, pasanganmu akan menyalahkanmu atau menaruh kata-kata di mulutnya, sehingga membuat kamu menderita dan percaya kalau kamu 'lah yang salah dan berujung meminta maaf.
Salah satu tanda peringatan utama yang harus diperhatikan ketika seseorang melecehkan karakter pasangannya, pelaku (pasanganmu) hampir selalu menolak untuk memberikan waktunya untukmu, akan ada seribu satu jurus dan alasan untuk menghindar.
Namun, jika keadaannya di balik, pasanganmu sering menuntut waktumu yang disaat yang enggak masuk akal. Hal itulah yang membuat energimu selalu terkuras baik secara emosional maupun fisik.
Masih sama seperti parasit, kali ini pasangamu enggak cuma menyedot kepercayaan dirimu, namun juga energimu. Sedangkan, jika dibandingkan saat kamu sedang berada bersama dengan teman-temanmu, kamu justru lebih merasa senang dan enggak terasa lelah.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, saat kamu bersama atau sekadar menghadapi tingkah lakunya yang seenaknya, secara emosional kamu merasa kelelahan walaupun kamu enggak melakukan aktivitas yang berat.