ventela vans.jpg

Respons Ventela Setelah Vans Minta Instagram Hapus Sneakers yang Dinilai Plagiat

27 April 2020 19:00 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ventela dok Instagram @ventelashoes
zoom-in-whitePerbesar
Ventela dok Instagram @ventelashoes
ADVERTISEMENT
Skena local pride lagi heboh gara-gara Vans meminta Instagram menghapus unggahan sneakers yang dinilai menjiplak desainnya. Di antara sepatu tersebut adalah rilisan dari Ventela.
ADVERTISEMENT
Merek sepatu dalam negeri itu punya desain dengan stripe putih di sisinya, yang sekilas mirip sama jazz stripes milik Vans. Apalagi sejak Ventela merilis Ventela Public dan Ventela Retro.
Menanggapi hal ini, Ventela lewat Instagram Story mengklaim desainnya telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
"Menanggapi isu-isu yang sedang hangat dibicarakan, kami ingin menginformasikan bahwa semua desain logo kami sebelum diproduksi telah didaftarkan ke instansi terkait," jelasnya.
Ventela bahkan melampirkan tautan dari laman DJKI sebagai bukti bahwa desainnya telah terdaftar.
kumparan udah mencoba menghubungi Ventela, namun belum juga ada tanggapan.
Ventela dok Instagram @ventelashoes
Di sisi lain, beberapa reseller sneakers Ventela yang unggahannya dihapus sampai di-ban mengeluhkan kejadian ini. Salah satunya adalah Indra pemilik akun @exploseco.new yang telah memiliki lebih dari 36 ribu followers.
ADVERTISEMENT
Indra mengaku foto Ventela Public yang ia unggah dihapus oleh Instagram sejak Minggu pukul 06.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB, dia udah enggak bisa mengakses akun tersebut.
"Enggak tahu kenapa langsung akun saya yang di-ban. Saya udah ajukan banding tapi enggak ada konfirmasi dari Vans-nya," kata dia saat dihubungi kumparan, Senin (27/4).
Alhasil, pedagang yang udah menjadi reseller Ventela sejak Desember 2019 itu harus membuat akun baru. "Dagang baru agak sepi. Tapi sabar aja. Mungkin nanti ada gantinya," ucapnya.
Indra juga meminta bantuan dari Ventela dan menganjurkan reseller lainnya untuk segera mengarsipkan foto dagangan Ventela Public.
Sebelumnya, akun Instagram @localmadness.id juga mengunggah screenshot percakapan dengan seorang reseller Ventela yang bernasib sama kayak Indra. Unggahan tersebut memperlihatkan foto-foto yang dihapus Instagram karena dinilai melanggar ketentuan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten