Jangan Salah, Ini Perbedaan Volunteer dengan Program Magang

8 Agustus 2018 17:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi suasana kerja (Foto: Pexels/ Start Up Stock Photos)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi suasana kerja (Foto: Pexels/ Start Up Stock Photos)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selama ini mungkin kamu mengira istilah volunteer sama dengan magang. Tapi tahukah kamu kalau keduanya memiliki arti berbeda?
ADVERTISEMENT
Menurut kamus internasional sukarelawan (The International Volunteer Directory), magang adalah sesuatu yang kamu lakukan untuk mengasah kemampuan secara profesional. Istilah magang sendiri memang lebih akrab dengan dunia kerja.
"Sedangkan volunteer bisa jadi memiliki tujuan yang sama dengan magang, namun dilakukannya karena niat untuk membantu atau melakukan aksi sosial," terangnya, seperti dikutip dari laman Study Magazine, Rabu (8/8).
Biasanya, volunteer digunakan untuk mereka yang bekerja di LSM atau organisasi nonprofit. Itu sebabnya, anak volunteer tidak mendapatkan upah seperti anak magang karena tujuannya bekerja untuk kepentingan sosial.
Supaya enggak semakin bingung, berikut tiga perbedaan volunteer dan magang menurut The Centre for Volunteering Australia.
1. Magang memiliki periode waktu yang pasti seperti tiga sampai enam bulan. Sedangkan masa volunteer bisa lebih cepat atau lebih lama.
ADVERTISEMENT
2. Selain waktu, magang juga memiliki kontrak yang mengikat. Sementara volunteer tidak ada.
3.Program magang membantu kamu menyesuaikan keahlian yang didapat dari sekolah atau kuliah ke dunia kerja. Namun dengan volunteer bisa jadi kamu menggeluti bidang yang 180 derajat berbeda dengan yang kamu pelajari.