Anak Muda Perlu Tahu! Ini Cara Tingkatkan Empati di Tempat Kerja

15 November 2022 8:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kerja sambil ngopi. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kerja sambil ngopi. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di dunia bisnis yang serba sibuk dan juga cepat, mungkin akan mengejutkan untuk mengetahui bahwa betapa pentingnya empati di dunia kerja. Bukan hanya itu, seberapa baik kamu dapat berinteraksi dan bekerja dengan rekan kerjamu juga penting, lho.
ADVERTISEMENT
Tingkat empati yang rendah dapat menyebabkan banyak masalah di tempat kerja dan membuat kamu merasa jauh dari rekan kerja. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa empati memainkan peran kunci dalam meningkatkan hubungan dengan rekan kerja.
Di bawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan tingkat empati di tempat kerja seperti dikutip dari Undercover Recruiter.

Biarkan Orang Lain Berbicara

Ilustrasi bekerja di kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Setiap orang memiliki saat-saat ketika tengah sibuk untuk menyampaikan sudut pandangnya sehingga mengabaikan ucapan orang lain. Berikan rekan kerjamu waktu yang dibutuhkan untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya.
Kamu akan menemukan ikatan yang lebih kuat berkembang dan memiliki kesempatan untuk melihat sudut pandang yang berbeda dari dirimu.

Identifikasi Perilakumu Sendiri

Ilustrasi bekerja di kumparan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kamu memiliki perilaku tertentu dalam hidup yang bisa mempengaruhi cara berinteraksi dan merespons dalam situasi tertentu. Misalnya saat kamu stres dan kesal, hal itu dapat menghambat kemampuan untuk membentuk hubungan yang kuat.
ADVERTISEMENT
Dengan berusaha menganalisis perilaku dirimu, kamu bisa secara bertahap mengatasinya dan menjadi lebih terbuka dan diterima dalam kehidupan sehari-hari.

Kenali Orang Secara Pribadi

Ilustrasi Bekerja. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Meskipun enggak semua menyukai tingkat pribadi, menjalin pertemanan yang bermakna dengan rekan kerja dapat membuatmu datang ke tempat kerja dengan senang hati. Baik itu melakukan percakapan yang mendalam dan pribadi bersama. Terhubung dengan rekan kerja akan secara signifikan meningkatkan caramu bekerja sama.

Rasakan Hal Baru dalam Hidup

Ilustrasi perempuan bekerja seharian di kantor Foto: Shutterstock
Sering kali saat menyangkut empati, solusinya enggak selalu ada hubungannya dengan bagaimana kamu bekerja. Sebaliknya mungkin terletak di bagaimana kamu berada di luar kerja. Lakukan sesuatu yang unik dan menarik dan lihat bagaimana perspektifmu tentang perubahan hidup.

Berdayakan Diri dengan Pengetahuan

Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: Shutterstock
Untuk memahami dengan baik bagaimana kamu bekerja, kamu perlu mengembangkan pengetahuan dan menjadi secerdas dan sebijaksana mungkin. Luangkan waktu dalam hidup untuk mempelajari hal-hal baru, mulai dari belajar buku tentang empati atau menonton film dokumenter yang menarik untuk memperluas perspektifmu.
ADVERTISEMENT
Ini secara bertahap akan mempertajam pengetahuan tentang pikiranmu sendiri dan memungkinkan kamu untuk menerapkan strategi yang tepat untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih bijaksana.
Laporan Afifa Inak