7 Film dengan Plot Twist Menyebalkan

3 Agustus 2019 10:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Salah satu adegan di film 'Shutter Island' dok YouTube
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu adegan di film 'Shutter Island' dok YouTube
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menyelipkan plot twist dalam film adalah hal yang banyak dilakukan oleh para pembuat film. Cerita yang tadinya sudah berjalan mulus, tiba-tiba harus berbelok tajam jadi hal yang enggak terpikirkan sama sekali oleh penonton.
ADVERTISEMENT
Enggak jarang juga, bukannya bikin takjub, plot twist justru membuat kesal bukan kepalang. Tapi sebenarnya dengan plot twist yang baik, sebuah film bisa meninggalkan kesan mendalam.
Nah, kumparan punya rekomendasi tujuh film dengan plot twist yang dijamin bisa bikin kamu kesal. Apa aja, ya?
1. Shutter Island
Film milik Martin Scorsese ini masih banyak diperbicangkan karena plot twist-nya yang benar-benar enggak kepikiran. Beberapa orang menganggap film ini sebagai masterpiece dan beberapa lainnya hanya benar-benar merasa bingung dengan akhir ceritanya.
Film ini bercerita tentang Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) dan patnernya (Mark Ruffalo) yang menyelidiki hilangnya salah satu pasien di sebuah rumah sakit jiwa yang terletak di pulau terpencil.
Selama masa penyelidikannya, Teddy merasa ada yang aneh dengan rumah sakit ini. Mulai dari pasien yang membunuh istrinya, dokter yang terlihat seperti punya rencana jahat, dan gerak-gerik perawat yang mencurigakan.
ADVERTISEMENT
Setelah semua kejadian itu terungkap, pergantian cerita yang ekstrem terasa seperti sebuah kebohongan semata. Namun, penyampaiannya yang sangat meyakinkan malah meninggalkan penonton dengan segudang pertanyaan, dan kesal karena enggak akan pernah benar-benar terjawab.
2. Now You See Me 2
Film ini mengikuti kisah sekelompok pesulap yang dikenal dengan nama 'Four Horsemen'. Mereka sedang diselidiki oleh agen FBI, Dylan Rhodes (Mark Ruffalo), setelah aksinya merampok bank.
Sepanjang film, kamu akan bertanya-tanya dengan sosok misterius yaitu Horseman ke-5 yang menjadi kepala dari seluruh aksinya. Tapi, setelah terungkap, kamu bukannya merasa puas, tapi malah kesal.
Kesal karena karakter yang menjadi Horseman ke-5 ini terkesan terpilih secara tiba-tiba. Masalahnya, sepanjang film sama sekali enggak ada pembangunan cerita yang menunjukkan bahwa orang ini adalah Horseman. Ya, meskipun begitu, trik sulap dalam film ini memang keren, sih.
ADVERTISEMENT
3. The Village
Setelah menghasilkan film dengan plot twist terbaik seperti 'The Sixth Sense', banyak orang menanti film lainnya dari M. Night Shyamalan.
Salah satunya adalah 'The Village'. Film ini mengambil latar pada abad ke-19 di New England, bercerita tentang sebuah desa dekat dengan hutan yang dihuni oleh sosok misterius. Sosok ini disebut oleh penduduk desa sebagai 'mereka yang tidak kita bicarakan'.
'The Village' pertama kali diperkenalkan sebagai film horor yang menjanjikan, dengan visual yang mengesankan. Tapi, kalau kamu sudah liat trailer-nya, film ini berbeda dari apa yang kamu bayangkan.
Sejak awal cerita saja sudah diungkap bahwa monster itu hanya buatan para tetua desa. Lebih parahnya, ternyata film ini enggak mengambil latar abad ke-19 melainkan masa modern. Maunya gimana, sih?
ADVERTISEMENT
4. The Dark Knight Rises
Trilogi Batman milik Christopher Nolan ini dicintai banyak orang dan disebut-sebut sebagai film superhero terbaik. Kesuksesan 'Batman Begins' dan 'The Dark Knight' membuat orang luput mempertanyakan plot twist dalam film ketiganya, 'The Dark Knight Rises'.
Jika dibandingkan dengan film sebelumnya, film ini mempunyai banyak plot hole dan karakter yang enggak sekuat The Joker atau Harvey Dent. Plot twist dalam film pun menyebalkan, karena mematahkan ekspektasi penonton akan beberapa karater penting dalam film ini, seperti sosok Bane yang diperankan Tom Hardy dan Miranda Tate yang dimainkan oleh Marion Cotillard.
5. Orphan
Seperti 'The Exorcist' atau 'The Omen', anak kecil yang bertindak seperti iblis itu memang menyeramkan. Bayangkan saja, anak kecil dengan wajah polos bisa menyakiti bahkan mencelakai orang lain. Seperti itulah film 'Orphan'.
ADVERTISEMENT
Film ini bercerita tentang Kate dan Joel, sepasang suami-istri yang mengadopsi anak yatim piatu. Anak itu pun diberi nama Esther.
Awalnya, semua berjalan baik-baik saja. Tapi, lama-kelamaan, sederet kejadian mulai menimpa keluarga ini. Pelakunya enggak asing lagi, yaitu Esther.
Plot twist dalam film ini sebenarnya mengesalkan. Karena, ternyata Esther enggak seperti yang kita kira. Bahkan, setelah plot twist terungkap, kamu akan melihat Esther menjadi orang yang sama sekali berbeda.
6. The Number 23
Film misteri thriller ini dibintangi oleh Jim Carrey yang sebelumnya udah sukses memerankan sejumlah film dengan plot twist terbaik, kayak 'The Truman Show' dan 'Eternal Sunshine of the Spotless Mind'.
Film ini bercerita tentang Walter Sparrow yang terobsesi dengan angka 23. Obsesinya ini dimulai ketika ia membaca novel misterius yang ia yakini ditulis berdasarkan kisah hidupnya.
ADVERTISEMENT
Dalam novel itu, chapter terakhir (chapter 23) hilang dan pencarian terhadap chapter terakhirnya itu membuat Sparrow hampir gila.
Sayangnya, plot twist yang ada justru merusak potensi cerita film ini. Karena plot twist-nya dijelaskan secara panjang lebar, yang sebenarnya enggak bagus-bagus amat.
7. Ocean's Twelve
Menyusul kesuksesan film 'Ocean's Eeleven', film ini melanjutkan kisah Danny Ocean (George Clooney) dan kawan-kawan. Kali ini, Terry Benedict seorang pemilik kasino bersikeras memaksa Danny dan kawan-kawan untuk membayar uang yang mereka curi.
Untuk menyelesaikan masalah ini, Dany dan kawan-kawan mengadakan kompetisi dengan sesama pencuri 'The Night Fox', untuk melihat siapa yang bisa mencuri Faberge Imperial Coronation Egg pertama kali.
Tapi sayangnya, plot twist dalam film ini membuat semua perjuangan terasa sia-sia. Beberapa bagian yang membuat 'Ocean's Eleven' menarik juga enggak diperlihatkan, dan cuma bikin kesal.
ADVERTISEMENT
Reporter: Lavira Andaridefia