pelepasan eco enzym di sungai tondano.jpg

Sulawesi Utara Banyak Changemakers, Segera Nominasikan Mereka

25 Maret 2022 17:45 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Denny Taroreh menunjukkan cara memanen Eco Enzym, cairan serbaguna organik, kepada TP PKK Kecamatan Tikala, Kota Manado. (foto: istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
Denny Taroreh menunjukkan cara memanen Eco Enzym, cairan serbaguna organik, kepada TP PKK Kecamatan Tikala, Kota Manado. (foto: istimewa)
ADVERTISEMENT
MANADO - Berawal dari kerinduannya melihat kuala (sungai) yang bersih serta bisa bermanfaat untuk banyak orang, membuat Denny Taroreh menginisiasi sebuah gerakan lingkungan. Fokusnya untuk menjadikan kuala-kuala yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara, kembali terawat.
ADVERTISEMENT
Dentar sapaan akrabnya memulai gerakannya dengan menginisiasi Skola Kuala Manado sejak 2017. Sebuah sarana pendidikan informal yang dihuni beragam komunitas pegiat lingkungan. Walaupun gerakan ini belum besar, tapi setidaknya mampu menyadarkan anak-anak dan orang dewasa di sekitar kuala agar bisa hidup berdampingan dengan lingkungan.
Sampah yang ada di kuala (sungai) di Kota Manado. (foto: istimewa)
Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengenalkan cara menanam hidroponik yang wadahnya diambil dari sampah plastik. Bagi Dentar, menanam hidroponik mampu memanfaatkan sampah plastik sebagai wadah menanam dan juga mengurangi sampah plastik yang dibuang sebagian masyarakat ke sungai.
Selain Hidroponik, dia juga mengajarkan cara pengolahan hasil limbah dapur menjadi produk bermanfaat Eco Enzyme, cairan serbaguna organik. Tujuannya, agar limbah dapur tak terbuang sembarangan karena masih bisa dimanfaatkan.
Pelepasan Eco Enzyme di sepanjang jalur daerah aliran sungai (DAS) Tondano dengan tujuan mengurai limbah dan menjernihkan air. (foto: istimewa)
Apa yang dilakukan Dentar itu didengar oleh pemerintah daerah setempat. Kini, Skola Kuala Manado sering diundang untuk mengajarkan masyarakat tentang melestarikan lingkungan dan memanfaatkan sampah.
ADVERTISEMENT
Puncaknya, Eco Enzyme yang dibuat Dentar bersama dengan rekan-rekannya dimanfaatkan pemerintah untuk dilepas di sepanjang jalur daerah aliran sungai (DAS) Tondano dengan tujuan mengurai limbah dan menjernihkan air.
Ratusan Eco Enzyme yang akan disebar ke DAS Tondano. (foto: istimewa)
Indonesia memang sudah punya banyak changemakers seperti Dentar. Namun, negara ini masih butuh lebih banyak lagi. Bisa bayangkan bila changemakers berkumpul dan berkolaborasi? Bagaimana bila mereka menggunakan cara berpikir baru dan memanfaatkan teknologi dalam memecahkan masalah?
Apakah kamu atau kelompokmu adalah changemakers yang memiliki segudang inovasi dan menantang status quo? Yuk, nominasikan dirimu, kelompokmu atau bahkan orang lain yang kamu tahu ke Changemakers Nusantara. Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) —organisasi nirlaba bagian dari GoTo Group yang bergerak untuk ciptakan dampak— ingin mengumpulkan Changemakers yang sudah melakukan perubahan untuk bantu atasi permasalahan di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.
Ilustrasi changemakers. Foto: Shutterstock
Lewat Changemakers Nusantara ini, para changemakers diharapkan dapat menjadi pelopor dan inspirasi masyarakat lainnya. Para Changemakers yang terkumpul mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar bisa menciptakan dampak yang lebih mengakar dan berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
YABB percaya siapapun bisa menjadi Changemakers. Tidak kenal gender, usia, background, tempat tinggalnya pun menyebar dari Sabang sampai Merauke. Yang terpenting ada solusi kreatif ataupun perubahan sistemik yang dibuat.
Lalu bagaimana partisipasi kita? Kamu bisa menominasikan diri sendiri dan juga mendaftarkan orang yang kamu kenal sebagai seorang Changemakers di sekitarmu. Tak hanya soal lingkungan, para changemaker di bidang SDM, bidang ekonomi maupun bidang sosial, yang telah berbuat nyata bisa kita nominasikan.
Lalu bagaimana caranya untuk menominasikannya? Cukup membuka link berikut dan mengisi semua data-data tentang orang yang akan kita nominasikan. Namun sebelum mengisi form tersebut, baiknya simak lebih dahulu syarat dan ketentuannya berikut ini.
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Terbuka untuk umum, segala kalangan yang berusia 15 tahun ke atas
ADVERTISEMENT
3. Changemakers dapat menominasikan individu atau kelompok sendiri maupun individu atau kelompok lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Changemakers Nusantara
4. Kegiatan harus orisinal
5. Kegiatan sedang atau telah berlangsung dan terbukti membawa perubahan untuk masyarakat atau lingkungan secara nyata
6. Individu atau kelompok yang didaftarkan diperbolehkan jika sudah pernah mengikuti atau memenangi kegiatan serupa Changemakers Nusantara
7. Changemakers bersedia untuk dipublikasikan profil dan inisiatifnya di materi komunikasi YABB
8. Perwakilan Changemakers bersedia hadir dan menjadi narasumber di sesi talk show virtual Changemakers Nusantara Day
9. Changemakers terpilih bersedia untuk menjadi bagian dari studi oleh YABB dan LD FEB UI untuk keperluan pembuatan modul percontohan bagi masyarakat
10. Semua data yang masuk akan dipergunakan oleh panitia untuk keperluan kegiatan YABB
ADVERTISEMENT
11. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
12. Rangkaian kegiatan Changemakers Nusantara tidak bersifat kompetisi
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan YABB.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten