Pemprov Sulut Rencanakan Bangun Objek Wisata Budaya di Lokasi Bendungan Kuwil

Konten Media Partner
9 Agustus 2020 13:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Waruga Sawangan di Sulawesi Utara  (Foto: Flickr/Eko Septiono Diharjo)
zoom-in-whitePerbesar
Waruga Sawangan di Sulawesi Utara (Foto: Flickr/Eko Septiono Diharjo)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MINUT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) berencana untuk membangun spot lokasi wisata di kawasan Bendungan Kuwil yang ada di Kawangkoan, Minahasa Utara (Minut). Rencananya, spot wisata yang akan dibangun bernuansakan wisata budaya.
ADVERTISEMENT
Dikatakan Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I melalui Pelaksana Teknis Bendungan Kuwil, Donny Dumais, rencana ini disampaikan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam beberapa kesempatan saat pertemuan dengan pihaknya.
Dikatakan Dumais, Gubernur terus menyebutkan jika pembangunan destinasi pariwisata baru ini sebagai salah satu cara mengangkat ciri khas kebudayaan Minahasa dengan konsep wisata.
"Pembangunan tempat wisata di kompleks Waruga, nantinya dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang untuk para pengunjung. Pengunjung juga nantinya bisa dimanjakan menikmati pemandangan waduk Kuwil yang memiliki luas keseluruhan 306 hektar," ungkap Dumais.
Dikatkaannya, kompleks wisata di Bendungan Kuwil ini akan ditata sedemikian rupa, seperti akses jalan masuk yang diperuntukan untuk masyarakat umum, kuliner, serta tempat informasi budaya Minahasa agar masyarakat maupun turis mancanegara yang datang, bisa teredukasi di lokasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam master plan yang direncankan, Dumais mengatakan jika pembangunan wisata bendungan kuwil dengan luas 2 hektar ini akan terus digenjot dan diperkirakan bisa selesai dikerjakan pada akhir tahun 2020 ini.
“Tentunya konsep ini sangat baik. Sebagai orang Minahasa secara pribadi saya mengapresiasi dan bangga atas ide yang sangat baik dari Gubernur Sulut ini. Kita tunggu saja bagaimana hasilnya yang kini tengah di bangun," kata Dumais kembali.
Oktaviana Mundung