Pijat Perineum Artinya Apa? Simak Penjelasannya!

Konten dari Pengguna
24 Agustus 2022 13:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pijat perineum artinya (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pijat perineum artinya (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Biar semakin lancar menjelang persalinan kelak, kenapa kamu tidak mencoba melakukan pijat perineum? Apakah kamu sebelumnya sudah pernah mendengar soal pijat perineum ini, Ma?
ADVERTISEMENT
Ada berbagai persiapan yang perlu Mama-Mama lakukan menjelang waktunya persalinan. Mulai dari menentukan metode persalinan sesuai dengan kondisimu, mencari tempat persalinan yang tepat, hingga mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang nanti akan dibawa untukmu dan si kecil.
Penting juga buat Mama-Mama untuk selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh menjelang melahirkan. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat dan istirahat cukup, ada hal lain nih yang bisa kamu coba lakukan, yakni melakukan pijat perineum.
Apakah kamu sudah familiar dengan pijat perineum ini, Ma? Ternyata pijat perineum memiliki manfaat penting bagi Mama-Mama yang akan melahirkan loh.
Kamu bisa melakukan pijat perineum ini di rumah dengan meminta bantuan suami. Biar lebih aman, kamu juga dapat meminta bantuan bidan untuk melakukan pijatan ini.
ADVERTISEMENT
Apa yang dimaksud dengan pijat perineum? Yuk simak penjelasannya yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber ini. Cek infonya di sini ya!

Pijat Perineum Artinya Apa?

Ilustrasi pijat perineum artinya (Sumber: Pexels)
Apakah Mama-Mama pernah mendengar pijat perineum? Mengutip dari laman Healthline, pijat perineum artinya pijatan yang dilakukan pada wanita di usia akhir kehamilan pada sekitar area perineum atau antara vagina dan anus.
Manfaat melakukan pijatan perineum adalah membuat otot-otot dan jaringan pada jalur kelahiran menjadi lebih lentur. Sehingga risiko terjadinya robekan pada jalan lahir pun menjadi lebih rendah.
Kapan sih pijat perineum ini bisa mulai dilakukan? Pijat perineum dapat kamu lakukan mendekatinya waktunya HPL, yakni sekitar 4 hingga 3 minggu sebelum waktunya melahirkan.
Pijat perineum ini aman dilakukan untuk bumil. Akan tetapi, enggak semua wanita hamil bisa melakukannya.
ADVERTISEMENT
Apabila Mama-Mama pernah mengalami pendarahan hebat pada vagina, mengalami cedera atau luka pada vagina maupun perineum, demi keamanan sebaiknya kamu jangan melakukan pijatan ini dulu ya!

Bagaimana Cara Melakukan Pijat Perineum

Ilustrasi pijat perineum artinya (Sumber: Pexels)
Cara melakukan pijatan perineum pun cenderung mudah dan tidak memerlukan persiapan yang ribet. Sebelum melakukan pijatan, cucilah tangan terlebih dahulu biar makin higienis.
Pilihlah posisi yang nyaman, bisa dengan duduk, berbaring atau berdiri dengan meletakkan satu kaki di kursi. Kemudian oleskan jari dengan mengunakan minyak zaitun ataupun minyak khusus untuk massage.
Dengan menggunakan jari, tekan bagian dalam vagina dengan perlahan dan lembut ke arah samping Miss V. Mungkin, Mama-Mama awalnya bakal merasa sensasi seperti kesemutan atau nyeri. Tapi, rasa nyeri ini lama-lama bakal hilang.
ADVERTISEMENT
Lakukan gerakan tersebut selama kurang lebih 2 menit. Lalu lakukan lagi pijatan lembut seperti membentuk huruf U pada area vagina bawah. Seperti biasa, lakukan pijatan ini dengan gerakan lembut ya, Ma!
Kalau sudah terbiasa, Mama-Mama bisa melakukan pijat perineum ini selama 5 menit. Akan tetapi, kalau kamu mulai merasa nyeri dan tidak nyaman, segera hentikan pijatan ini ya!
Itulah dia penjelasan mengenai pijatan perineum serta cara melakukannya. Semoga bisa menjadi persiapan yang bermanfaat untuk proses kelahiranmu kelak ya, Ma!
(AN)