Cerita Fabel Pendek "Kisah Tiga Anak Babi"

Konten dari Pengguna
25 Mei 2021 13:47 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cerita Fabel Pendek Kisah Tiga Anak Babi. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cerita Fabel Pendek Kisah Tiga Anak Babi. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cerita fabel pendek bisa jadi salah satu jenis cerita dongeng yang dapat Mama-Mama gunakan untuk menghibur anak, mengantarkan mereka tidur, bahkan menanamkan kecintaan pada membaca sejak dini lho.
ADVERTISEMENT
Siapa di sini para Mama yang emang suka bacain cerita fabel pendek untuk anak-anaknya? Artikel kali ini Mama buatkan khusus, soalnya Mama juga suka bacain dongeng ke anak Mama.
Mama akan menceritakan "Kisah Tiga Babi Kecil". Cerita ini sangat populer di berbagai dunia dan sering menjadi dongeng anak pengantar tidur.
Selamat membaca, Mama-Mama.

Contoh Cerita Fabel Pendek "Kisah Tiga Anak Babi"

Alkisah di sebuah hutan, hiduplah satu keluarga babi yang bahagia. Mereka terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anak babi.
Pada suatu hari, sang ibu sengaja memanggil semua anaknya untuk berkumpul. Ketiga babi kecil itu diminta untuk mulai hidup mandiri. Mereka diperintahkan oleh ibunya untuk belajar hidup di rumah masing-masing. Mereka diharuskan mencari bahan bangunan dan membangun rumahnya sediri. Bukan hanya itu, ibu mereka juga berpesan untuk selalu berhati-hati dari Serigala.
ADVERTISEMENT
Setelah mendapat perintah dari ibu, ketiga babi kecil mulai mencari bahan untuk membangun rumah.
Anak babi pertama memilih untuk membangun rumah dari jerami kering. Karena kemalasannya, ia tidak ingin mencari bahan bangunan di tempat yang jauh. Anak babi pertama langsung mengambil jerami yang mudah ditemukan di belakang rumah orang tuanya.
Anak babi kedua memilih untuk membangun rumah dari ranting pohon atau kayu yang tidak terpakai. Anak babi kedua ini tidak ingin pula bersusah payah mencari bahan bangunan. Dia hanya perlu mengitari hutan dan meminta kepada warga binatang lainnya.
Anak babi ketiga adalah anak babi yang paling berbeda sikapnya. Ia merupakan anak yang rajin dan sabar. Tidak seperti dua kakaknya, anak babi ketiga benar-benar membangun rumahnya agar dapat berlindung dari serangan serigala. Dia sengaja mencari batu bata lalu dengan sabar menyusunnya satu per satu untuk membangun rumah.
ADVERTISEMENT
Kedua kakaknya menertawakan anak babi ketiga. Mereka mengatakan bahwa anak babi ketiga terlalu berlebihan.
Ilustrasi Hutan di Cerita Fabel Pendek Kisah Tiga Anak Babi. Foto: Pixabay
Pada suatu waktu, hutan dihebohkan oleh kabar Serigala yang kelaparan. Semua penghuni hutan tidak berani berada di luar rumah, termasuk ketiga anak babi.
Serigala ternyata benar-benar datang mencari mangsa. Rumah anak babi pertama menjadi rumah yang ia datangi pertama kali.
Dengan hanya meniup, rumah jerami anak babi pertama langsung roboh. Anak babi pertama berlari ketakutan menuju rumah anak babi kedua. Mereka berdua berpelukan saat mendengar suara tawa Serigala mendekat.
Di luar rumah, Serigala dengan sangat mudah juga ikut menghancurkan rumah anak babi kedua hanya dengan meniupnya. Mereka berdua yang ketakutan, berlari sangat kencang dan akhirnya berlindung di rumah anak babi ketiga.
Ilustrasi Serigala dalam Cerita Fabel Pendek Kisah Tiga Anak Babi
Di sana, serigala kembali tertawa dan bersiap untuk meniup rumah anak babi ketiga.
ADVERTISEMENT
Namun, usahanya menjadi sia-sia karena batu bata itu sangat kuat dan tidak bisa dihancurkan dengan tiupan. Karena kelelahan, Serigala pun menyerah dan pergi meninggalkan ketiga anak babi yang berada di dalam rumah dari batu bata itu.
Anak babi pertama dan kedua menyesal karena telah meremehkan rumah anak babi ketiga. Merekapun meminta maaf dan berjanji untuk tidak akan malas lagi.
Selesai.
***
Itulah Mama-Mama, cerita fabel pendek berjudul Kisah Tiga Anak Babi yang dapat dibacakan kepada anak. Bukan hanya karena menarik dan menghibur, cerita ini juga punya pesan moral di dalamnya, lho. Dengan menceritakan cerita itu kepada anak, kamu sekaligus memberikan pelajaran tentang dampak buruk dari sikap malas.
Melalui Kisah Tiga Anak Babi di atas, anak-anak akan memahami secara tidak langsung jika perbuatan malas itu pasti akan merugikan mereka.
ADVERTISEMENT
Semoga cerita fabel pendek Kisah Tiga Anak Babi ini bisa dijadikan inspirasi untuk bercerita kepada anak, ya.
(TMA)