Cara Minum Pil KB untuk Pemula, Ketahui Juga Berbagai Jenisnya!

Konten dari Pengguna
19 Oktober 2021 20:21 WIB
·
waktu baca 8 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara minum pil KB untuk pemula. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara minum pil KB untuk pemula. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Untuk kamu yang baru berencana menggunakan pil KB, kamu mungkin kebingungan mengenai bagaimana cara minum pil KB untuk pemula. Pil KB memang jadi salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak dipakai.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggunakannya, kamu harus tahu dulu efektivitas pil KB. Mengutip WebMD, penggunaan pil KB sebagai alat kontrasepsi mampu mencegah kehamilan dengan efektivitas sampai 99,7 persen. Tetapi, pil KB hanya akan efektif kalau kamu meminumnya secara rutin.

Panduan Umum Minum Pil KB

Ilustrasi mengonsumsi pil KB tergantung pada jenisnya. Foto: Pexels
Cara minum pil KB bergantung pada jenis pil KB yang dipilih. Secara umum, pil KB dibagi menjadi dua jenis, yaitu pil kombinasi dan pil mini (progestin). Berikut penjelasannya:

1. Pil Kombinasi

Pil KB kombinasi adalah jenis pil KB yang mengandung dua macam hormon, yaitu estrogen dan progesteron. Pil KB ini diminum setiap hari sebanyak 1 pil dan bisa dimulai kapan saja.
Meski begitu, ada dua waktu yang direkomendasikan untuk meminum pil KB kombinasi, yaitu:
ADVERTISEMENT
Pil KB kombinasi memiliki berbagai macam paket, yaitu paket 21 hari, 28 hari, 91 hari, dan 365 hari. Setiap pilihan paket tersebut memiliki aturan pakai tersendiri.

2. Pil Mini

Pil KB mini atau pil KB progestin adalah jenis pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron sintetik. Pil KB ini biasanya dianjurkan untuk wanita dengan penyakit tertentu, seperti gangguan pembekuan darah dan dermatitis.
Pil KB mini umumnya hanya tersedia dalam paket 28 hari. Cara minum pil KB jenis ini juga memiliki aturan khusus, pil KB harus diminum setiap hari pada jam yang sama dengan batas keterlambatan selama tiga jam.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, apabila minum pil KB mini pada pukul 8.00 pagi hari ini, minumlah pil pada pukul 8.00-11.00 keesokan harinya. Jika diminum melewati batas waktu tersebut, efektivitas akan menurun dan berisiko untuk mengalami kehamilan.

Cara Minum Pil KB yang Benar

Ilustrasi pil KB. Foto: Unsplash
Pil KB merupakan metode yang efektif untuk mencegah kehamilan. Sebelum memulai penggunaan pil KB, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Dokter akan melakukan evaluasi kesehatan, memberikan informasi yang diperlukan, dan merekomendasikan jenis pil KB yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dirangkum dari Healthline dan Flo Health, adapun cara minum pil KB yang benar, yaitu:

1. Pilih Jenis Pil KB yang Tepat

Ada beberapa jenis pil KB yang tersedia, seperti pil kombinasi dan pil mini. Setiap jenis pil KB memiliki aturan penggunaan yang berbeda, jadi pastikan untuk memilih jenis pil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu.
ADVERTISEMENT

2. Baca Petunjuk Penggunaan

Setiap paket pil KB akan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan yang terperinci. Bacalah petunjuk ini dengan teliti sebelum mulai penggunaan pil KB. Petunjuk ini akan memberikan informasi tentang dosis, jadwal penggunaan, dan instruksi khusus lainnya yang perlu diikuti.

3. Mulailah dengan Pil Pertama

Setelah memilih jenis pil KB yang tepat, mulailah dengan minum pil pertama. Banyak paket pil KB disusun dalam bentuk strip dengan hari-hari tercetak di atasnya. Kamu harus mulai dengan pil KB pertama sesuai hari yang benar dalam seminggu.

4. Minumlah Pil Setiap Hari

Setelah memulai dengan pil pertama, terus minum satu pil setiap hari secara teratur pada waktu yang sama. Penting untuk menjaga konsistensi dalam minum pil KB agar efektivitasnya tetap terjaga.
Pilih waktu yang mudah diingat, seperti pagi atau malam hari, dan minumlah dengan atau tanpa makanan sesuai petunjuk yang diberikan.
ADVERTISEMENT

5. Lanjutkan Minum Pil dengan Urutan yang Benar

Jika sudah selesai dengan satu strip pil KB, lanjutkan dengan strip berikutnya. Pastikan untuk mengikuti urutan yang benar dan tidak melompati pil. Baca petunjuk yang tertera pada kemasan pil KB untuk memastikan kamu mengikuti urutan yang tepat.

6. Jika Menggunakan Pil KB Kombinasi

Paket pil KB biasanya berisi satu siklus penggunaan yang berlangsung selama satu bulan. Jika menggunakan pil kombinasi 28 hari, kamu akan minum pil aktif yang mengandung hormon setiap hari selama 21 hari berturut-turut.
Setelah itu, kamu akan minum pil plasebo yang tidak mengandung hormon selama 7 hari. Selama periode ini, kamu biasanya akan mengalami menstruasi.

7. Jika Menggunakan Pil Mini

Jika menggunakan pil KB mini, kamu akan minum pil yang mengandung hormon setiap hari secara teratur tanpa ada pil plasebo. Kamu tidak perlu menghentikan penggunaan pil saat menstruasi.
ADVERTISEMENT

8. Jika Melewatkan Satu atau Lebih Pil

Jika melewatkan satu pil, segera minum pil yang terlewat begitu kamu ingat. Jika kamu melewatkan dua atau lebih pil, baca petunjuk yang tertera pada kemasan pil KB. Jangan minum dua pil sekaligus untuk mengganti yang terlewat.
Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan petunjuk yang tepat tentang apa yang harus kamu lakukan jika melewatkan minum pil.

9. Teruslah Mengonsumsi Pil KB Setiap Hari

Teruslah mengonsumsi pil KB setiap hari pada waktu yang sama, bahkan jika kamu mengalami menstruasi. Jangan berhenti minum pil KB kecuali atas arahan dokter.
Pil KB bekerja dengan cara menjaga kadar hormon stabil dalam tubuh dan penghentian tiba-tiba dapat mengurangi efektivitasnya.

10. Jangan Lupakan Pil KB

Konsistensi adalah kunci dalam penggunaan pil KB yang efektif. Jangan lupa atau melewatkan minum pil setiap hari.
ADVERTISEMENT
Jika sering melupakan minum pil, konsultasikan dengan dokter untuk mencari metode kontrasepsi lain yang lebih sesuai dengan gaya hidup kamu.

Siapa yang Tidak Boleh Minum Pil KB?

Ilustrasi wanita dengan kondisi tertentu tidak boleh mengonsumsi pil KB. Foto: Pexels
Kamu juga perlu tahu kalau ada kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi pil KB seperti berikut ini.
Untuk itu, kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memilih alat kontrasepsi sehingga kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
ADVERTISEMENT

Cara Minum Pil KB untuk Pemula

Ilustrasi cara minum pil KB untuk pemula. Foto: Freepik
Kalau kamu merasa sudah yakin untuk mengonsumsi pil KB, ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengonsumsi pil KB, salah satunya menggunakan pil KB Andalan. Berikut adalah cara minum pil KB Andalan untuk pemula atau jenis pil lainnya secara umum.

1. Minum saat Hari Pertama Menstruasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsinya di hari pertama kamu menstruasi. Setelah meminumnya, kamu akan langsung mendapat perlindungan. Jadi jika kamu berhubungan intim maka kamu tidak memerlukan alat kontrasepsi cadangan.

2. Mulai Cepat

Cara kedua adalah langsung minum begitu kamu mendapatkan pil KB tanpa menunggu hari pertama menstruasi. Pilihan ini diberikan oleh dokter setelah kamu dipastikan sedang tidak hamil.
Hormon dalam pil membutuhkan waktu untuk menumpuk di tubuhmu. Jadi, kamu akan memerlukan kontrasepsi cadangan, seperti kondom, selama 7 hari ke depan. Tetapi, metode ini biasanya tidak dianjurkan.
ADVERTISEMENT

Jenis Paket Pil KB

Ilustrasi cara minum pil KB untuk pemula. Foto: Freepik
Untuk pemula, kamu juga harus tahu kalau pil KB ini banyak jenisnya. Jenis-jenis pil KB ini dibedakan melalui durasi waktu yang dibutuhkan untuk minum pil KB.
Kebanyakan wanita mendapatkan pil mereka dalam paket 21 atau 28. Kamu juga bisa mendapatkan paket tambahan 91 pil atau 365 pil. Dengan jenis pil tersebut, menstruasi kamu mungkin menjadi lebih jarang atau darahnya jadi lebih sedikit.

1. Pil 21 Hari

Kamu akan minum satu pil pada waktu yang sama setiap hari selama 21 hari, lalu tunggu 7 hari sebelum memulai paket baru. Kamu akan mengalami menstruasi selama 7 hari tersebut.

2. Pil 28 Hari

Kamu minum satu pil pada waktu yang sama setiap hari selama 28 hari. Pil 21-26 pertama (tergantung merek) mengandung hormon estrogen dan progestin. Sisanya biasanya tidak aktif atau pil palsu. Kamu akan mengalami menstruasi selama 4-7 hari terakhir.
ADVERTISEMENT

3. Pil 91 Hari

Kamu minum satu pil pada waktu yang sama setiap hari selama 84 hari. Lalu 7 pil terakhir hanya mengandung estrogen atau akan tidak aktif. Kamu akan mengalami menstruasi selama 7 hari terakhir.

4. Pil 365 Hari

Kamu minum satu pil pada waktu yang sama setiap hari selama setahun penuh. Efeknya, menstruasimu mungkin menjadi lebih ringan atau berhenti sama sekali.

Bagaimana Bila Telat Minum Pil KB?

Ilustrasi pil KB. Foto: Unsplash
Seperti yang telah dijelaskan, pil KB harus diminum setiap hari dan tidak boleh berhenti secara tiba-tiba tanpa pengawasan dokter. Namun, terkadang kamu bisa mengalami situasi di mana kamu telat minum pil KB atau bahkan lupa minumnya.
Berikut adalah panduan umum yang bisa dilakukan apabila telat minum pil KB yang disesuaikan dengan kondisi tertentu.
ADVERTISEMENT

1. Jika Telat Minum Pil KB Satu Hari

Jika kamu telat minum pil KB satu hari, minumlah pil yang terlewat segera setelah kamu ingat. Kemudian, lanjutkan dengan jadwal penggunaan pil seperti biasa. Penting untuk memastikan konsistensi minum pil KB setelah itu.
Perhatikan bahwa kamu mungkin memerlukan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, selama beberapa hari ke depan untuk memastikan perlindungan yang optimal.

2. Jika Lupa Minum Pil KB selama Dua Hari

Jika lupa minum pil KB selama dua hari berturut-turut, kamu bisa minum dua pil selama dua hari berturut-turut, lalu dilanjutkan dengan satu pil seperti biasa pada hari selanjutnya.
Jika kamu melewatkan pil lebih dari 24 jam, ada kemungkinan terjadinya ovulasi dan risiko kehamilan meningkat. Kamu harus menggunakan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, selama tujuh hari ke depan dan melanjutkan minum pil KB secara teratur.
ADVERTISEMENT

3. Jika Lupa Minum dan Menyisakan Lebih dari Tujuh Pil KB

Jika lupa minum pil KB dan menyisakan lebih dari tujuh pil dalam kemasan, selesaikan konsumsi paket pil seperti biasa. Kemudian, tetap lanjutkan dengan beristirahat (tidak mengonsumsi pil apa pun) selama tujuh hari.
Gunakan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, selama kamu menyelesaikan paket tersebut. Jika kamu melakukan hubungan seks sebelumnya, ada kemungkinan terjadi kehamilan. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat informasi lebih lanjut.

4. Jika Lupa Minum dan Menyisakan Kurang dari Tujuh Pil KB

Jika kamu lupa minum pil KB dan menyisakan kurang dari tujuh pil, kamu bisa langsung mulai dengan strip baru pada keesokan harinya. Pastikan kamu memulai strip baru tanpa jeda.
Di sisi lain, kamu mungkin juga perlu menggunakan kontrasepsi darurat apabila telah melewatkan dua atau lebih pil pada minggu pertama dan melakukan hubungan seks tanpa kondom pada tujuh hari sebelumnya.
ADVERTISEMENT
(RPR & SFR)