Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba

Konten dari Pengguna
11 September 2021 11:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi lidah bayi yang bersih. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lidah bayi yang bersih. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Membahas perawatan si kecil memang sering bikin penasaran nih Ma, enggak terkecuali tentang cara membersihkan lidah bayi. Karena seperti yang kita tahu, kesehatan dan kebersihan mulut bayi itu penting untuk diperhatikan dan dijaga.
ADVERTISEMENT
Mengutip Parenting Firstcry, pembersihan lidah anak secara teratur dapat membantu mencegah bau mulut dan akumulasi bakteri, serta menurunkan risiko infeksi mulut dan penyakit gusi.
Mama-Mama disarankan mulai membersihkan mulut dan memijat pelan gusi si kecil, bahkan sebelum gigi mereka tumbuh. Karena, tindakan itu akan membantu proses pertumbuhan gigi nantinya.
Meskipun kelihatannya mudah, kenyataannya membersihkan lidah bayi itu pun punya tantangan tersendiri, Ma. Salah satunya, kemungkinan bayi enggak merasa nyaman, rewel, hingga menangis.
Nah, itu dia masalah utama yang akan dibahas di sini, yaitu cara membersihkan lidah bayi yang bisa Mama-Mama coba.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Ilustrasi seorang ibu hendak membersihkan lidah bayinya. Foto: Pixabay
Ilustrasi anak rewel saat dibersihkan lidahnya. Foto: Freepik
Bagaimana, Ma? Enggak ribet untuk dilakukan, bukan? Nah, sebaiknya, prosedur pembersihan ini dilakukan sebanyak sekali dalam sehari, ya. Lebih baik lagi, dilakukan setelah menyusui.
ADVERTISEMENT

Informasi Tambahan untuk Membersihkan Lidah Bayi

Kalau caranya sudah dipahami, ada pula beberapa informasi tambahan yang penting untuk kita pahami ya, Ma.
Di luar sana, mungkin, Mama pernah mendengar tentang sikat lidah ataupun pasta gigi yang dianggap bisa mengoptimalkan perawatan untuk menjaga kebersihan mulut bayi.
Tapi ternyata, seperti yang dituliskan oleh Parenting FirstCry, menggunakan air dan kain kasa adalah cara terbaik untuk membersihkan lidah bayi, khususnya yang baru lahir ataupun mereka yang belum genap berusia 6 bulan.
Sementara Healthline menjelaskan lebih lanjut, ketika bayi berusia di atas 6 bulan, kita baru bisa menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi yang ramah anak.
Ilustrasi bayi perempuan yang hendak dibersihkan lidahnya. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
Untuk semakin membuat bayi nyaman, Mama-Mama bisa berkreasi menciptakan aktivitas menarik sekaligus sebagai upaya pengalihan, misalnya sambil bernyanyi atau memutarkan lagu yang menenangkan.
Ketika ada partikel putih menempel di lidah bayi dan usia mereka sudah di atas 6 bulan, Parenting FirstCry menyarankan pemanfaatan setetes kecil pasta gigi untuk membersihkan lidah.
Namun, pastikan dibilas sampai benar-benar bersih dan gunakan pasta gigi yang memang dikhususkan bagi bayi. Bila belum genap 6 bulan, percayakan tindakan pembersihan kepada dokter untuk hasil yang maksimal ya, Ma.
Jika anak sedang rewel dan menolak terus menerus ketika kita hendak membersihkan lidahnya, jangan dipaksa ya, Ma. Tunggulah sampai mood mereka membaik.
ADVERTISEMENT
Pastinya, cara paling tepat dan akurat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut bayi adalah dengan melibatkan dokter. Lakukanlah kunjungan teratur, bahkan ini memang sangat disarankan saat mereka sudah berusia 12 bulan.
Itu dia Ma, informasi seputar cara membersihkan lidah bayi yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat untuk mengatasi kebingungan kamu, ya.
(TMA)