Arti Rabbana Hablana Min Azwajina, Bacaan Doa agar Anak Saleh

Konten dari Pengguna
23 November 2021 18:54 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rabbana hablana min azwajina (Sumber: Freepik)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rabbana hablana min azwajina (Sumber: Freepik)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bacaan doa rabbana hablana min azwajina mungkin ssudah sering kita dengar dan baca usai menunaikan salat wajib. Akan tetapi penting juga bagi Mama-Mama yang beragama muslim untuk mengerti dan memahami arti dari doa tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang ibu dan istri, tentunya kita mengharapkan keluarga senantiasa menjadi sakinah, mawaddah, warahmah. Di mana kondisi keluarga selalu penuh dengan kasih sayang, damai, saling mencintai, serta dikarunai anak yang saleh dan salihah. Setuju kan, Ma?
Untuk mewujudkannya, selain dengan ikhtiar. Kita juga perlu menyempurnakannya dengan membaca doa. Sebenarnya pada saat kita berdoa, itulah saatnya kita memohon dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.
Lantas apa sih makna sebenarnya dari doa rabbana hablana min azwajina ini? Simak penjelasan selengkapnya yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber ini ya!

Makna Doa Rabbana Hablana Min Azwajina

Ilustrasi rabbana hablana min azwajina (Sumber: Freepik)
Berdasarkan buku Amalan-amalan Dahsyat Persiapan Hari Tua karya dari Nurkholis, SE., MM. Doa rabbana hablana min azwajina, sebenarnya merupakan potongan ayat dari surat Al-Furqon ayat 74, yang lengkapnya berbunyi:
ADVERTISEMENT
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
"Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama."
Ulama Miqdad In Al Aswad dalam buku Tafsir at Thabari, menjelaskan mengenai asal muasal dari doa ini. Saat itu masih merupakan masa jahiliah, di mana masyarakat Arab sedang mengalami masa kelam. Kemudian Rasulullah SAW datang membawa Al-Qur'an, yang menjadi petunjuk mengenai mana yang benar serta yang salah.
Pada saat itu banyak ayah yang berbeda agama dengan anaknya. Sang ayah sudah masuk Islam, sementara itu anaknya masih dalam keadaan kafir. Mengetahui kondisi seperti ini, banyak sosok ayah yang bersedih apabila mengingat anaknya akan berada di neraka, sementara dirinya masuk surga.
ADVERTISEMENT
Ayat tersebut menjadi sebuah doa dari ayah atau orang tua yang takut berpisah dengan anak dan istrinya karena berbeda agama. Jadi doa ini banyak dibaca orang pada zaman Nabi agar Allah memberikan hidayah kepada keluarganya yang masih belum memeluk Islam.
Tak hanya itu, memanjatkan doa ini juga sebagai permohonan agar keluarga kita selalu berbahagia baik di dunia maupun di akhirat, selalu dikaruniai anak-anak yang saleh, dan keluarga kita selalu bersama di dalam hal kebaikan.

Bacaan Doa Lainnya untuk Kebahagiaan dan Keselamatan Keluarga

Ilustrasi rabbana hablana min azwajina (Sumber: Freepik)
Selain bacaan doa di atas, kamu juga bisa membaca beberapa ucapan doa berikut ini agar keluargamu senantiasa diberikan keselamatan serta kebahagiaan. Bacaan lengkap doanya sebagai berikut:
1. Doa Memohon Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat
ADVERTISEMENT
"Allahumma innaa nas-aluka salamatan fiddiin wa'aafiyatan filjasad waziyaadatan fil'ilm wabarakatan firrizq wataubatan qablal maut warahmatan 'indalmaut wamaghfiratan ba'dalmaut. Allahumma hawwin 'alaynaa fii sakaraatil maut wannajaata minannaar wal'afwa 'indalkhisaab."
2. Doa agar Keluarga Selalu Diberikan Ketenangan
"Allahumma innii as-aluka nafsan bika muthmainnatan tu'minu biliqaaika watardha biqadhaaika wataqna'u bi'athaaika."
ADVERTISEMENT
3. Doa Agar Keluarga Senantiasa Rajin Beribadah
"Rabbij'alnii muqiimasshalaati wamin dzurriyyatii rabbanaa wataqabbal du'aa'"
Itulah dia beberapa doa yang bisa kamu panjatkan untuk keselamatan keluarga serta anak-anak. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya, Ma!
(AN)