Kapolda: Kami Siap Kawal Kontingen Sulsel PON XX di Papua

Konten Media Partner
7 Februari 2020 11:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Guntur Laupe menerima kunjungan Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra.
zoom-in-whitePerbesar
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Guntur Laupe menerima kunjungan Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makassar -- Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Provinsi Papua bakal di gelar tahun 2020 ini, namun hingga saat ini situasi di Papua masih di khawatirkan para kontingen yang berada di luar Papua. Tak terkecuali konting Sulsel yang berlaga di ajang PON Papua 2020 nanti.
ADVERTISEMENT
Meski berdasarkan pemetaan wilayah dan deteksi kerawanan event tersebut diperkirakan akan tetap berlangsung aman, namun Polda Sulsel menyatakan siap untuk melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap ratusan atlet dan oficial kontingen Sulsel yang akan berjuang di ajang pesta olahraga empat tahunan itu.
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe mengatakan, saat ini Polda Sulsel memiliki 300 personel kepolisian yang pernah tugas dan tidur di hutan-hutan Papua.
"Saya kira tak ada masalah jika kita mengirim mereka kembali bertugas disana demi Sulsel dan target prestasi yang akan ditorehkannya" kata Guntur,
saat menggelar pertemuan dengan pengurus KONI Sulsel, di ruang pertemuan Mapolda Sulsel, Kamis (6/2).
Mendengar hal itu, Ketua Koni Sulsel, Ellong Tjandra mengapresisasi dan merasa bersuykur atas kesediaan Polda Sulsel memberikan pengawalan kepada para atlet Sulsel yang akan berlaga di PON XX Papua.
ADVERTISEMENT
"Informasi dari Kapolda, yang akan menyiapkan pengawalan bagi kontingen Sulsel adalah hal yang baru diketahui, dan itu patut disyukuri. Hal ini akan memberikan rasa aman dan meminimalisir kekhawatiran kami selama ini" kata Ellong yang didamping Sekum Koni Sulsel DR Addien.
Ellong juga menyampaikan, nantinya sistem pengawalan dari kepolisian juga perlu memikirkan wilayah pembagian tugas untuk petugas berdasarkan zona pertandingan yang terbagi 3 wilayah, yakni Merauke, Mimika dan Jayapura.
"Jumlah kontingen Sulsel yang diperkirakan 250-an orang ini akan terbagi di Merauke, Jayapura dan Mimika berdasarkan cabang olahraganya dipertandingkan dimana," terang Ellong.
Sekadar diketahui, seauh ini sedikitnya sudah 190an atlet Sulsel yang telah lolos verifikasi melalui Pra-PON untuk berlaga di PON XX Papua.
ADVERTISEMENT
Mereka saat ini tengah giat berlatih untuk mempersiapkan diri bertanding event olahraga emoat tahunan itu. Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah mengingat proses verifikasi (Pra-PON) masih berlangsung.