kumplus- Opini Linda Christanty

Operasi Kardus Pisang dan Operasi-Operasi Penyelamatan Lain

Linda Christanty
Linda Christanty menulis reportase, cerita pendek, dan esai. Karya-karyanya telah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk SEA Write Award dari Thailand.
14 Maret 2022 15:25 WIB
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Satu-satunya orang Ukraina yang saya kenal adalah Olena Pyanov. Dia tinggal di Odessa, kota yang berjarak 473 kilometer dari Kiev atau Kyiv, ibu kota negaranya, atau sekitar lima jam bermobil. Dua tahun lalu saya mulai mengikuti keseharian perempuan berambut coklat ini. Tatapannya lembut. Senyumnya menawan. Pewarna kukunya berganti-ganti. Biru, merah, hijau lumut, kuning…
Meski Odessa terkenal dengan balet, Olena tidak mempromosikan tarian itu. Setiap hari dia berkeliling untuk memastikan keselamatan anjing. Dia memberi makan anjing-anjing jalanan secara rutin dan membawa anjing-anjing sakit ke dokter. Dia merawat anjing-anjing telantar, termasuk anjing rumahan yang ditinggalkan keluarga manusianya di sembarang tempat, lalu mencari keluarga baru yang bersedia mengadopsi dan merawat mereka. Kadang-kadang dia juga menyelamatkan kucing. Olena mendirikan Love Furry Friends Animal Rescue atau disingkat Love Furry Friends, yang memiliki sebuah saluran di YouTube berisi video-video operasi penyelamatan. Di setiap video itu ada ajakan untuk berdonasi. Kemarin saya menonton video terbaru Olena. Dia diberitahu seorang manajer hotel ada peliharaan yang ditinggalkan tamu, seekor border collie, anjing paling cerdas di muka bumi.
Anjing itu jinak, ramah, dan bertingkah lucu. Seekor betina. Olena memberinya nama baru, Nikki. Olena mengungkap banyak orang Ukraina mengungsi ke negara lain dengan meninggalkan anjing mereka. Dia dan teman-temannya juga sudah menyiapkan diri menghadapi situasi darurat. Mereka memindahkan semua anjing di pusat penampungan yang dikelola Love Furry Friends ke ruang bawah tanah untuk melindungi teman-teman berbulu itu dari ledakan bom, yang siapa tahu kelak menyasar Odessa. Sebagaimana Olena, dokter hewan tetap bekerja seperti biasa. Salon untuk anjing atau kucing tetap beroperasi. Operasi penyelamatan tidak pernah ditunda.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten