Berbahasa Baik Mencerminkan Perilaku Seseorang

linda biantoro
UNIVERSITAS PAMULANG S1 Akuntansi
Konten dari Pengguna
13 Januari 2022 13:18 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari linda biantoro tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pernah tidak, kalian berpikir kalau berbahasa indonesia yang baik itu sangat penting dikehidupan sehari-hari, karena sejak dilahirkan kita sudah mulai menggunakan bahasa yang sudah di ajarkan orang tua dengan berbahasa yang baik.
ADVERTISEMENT
Menurut saya, bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbahasa yang baik merupakan sarana komunikasi yang sangat sopan dan santun. Pernahkah teman-teman melihat kepribadian seseorang hanya dengan mendengar cara dia berbahasa?
https://pixabay.com/id/photos/membuat-panggilan-telepon-seluler-5190643/
Sering kali kita mendengar peribahasa yang berbunyi mulutmu harimaumu. Banyak hal yang menunjukkan dengan jelas bahwa perilaku seseorang kita terlihat melalui cara kita berbahasa kepada lawan atau dengan tulisan yang kita tulis.
Di Sabtu malam saya pergi ke taman bersama teman-teman. Kita tak sengaja melihat perkumpulan remaja sedang berbicara pada teman-temannya. Saya tertarik kepada salah satu orang tersebut yang terlihat sangat pendiam dan pasif. teman-temannya terlihat mengusulkan ide kepada teman yang lainnya. Sedangkan salah satu orang tersebut terlihat hanya akan berbicara ketika ada yang bertanya karena memiliki sifat pasif.
ADVERTISEMENT
Salah satu orang tersebut mengusulkan ide dengan bahasa yang lebih singkat. Sangat berbeda dengan teman yang lainnya yang terlihat aktif dalam mengemukakan pendapat dengan beragam cara bahasa yang diutarakan. Sehingga menurut saya dengan kejadian tersebut dapat terlihat yang mana si pasif dan mana si aktif. Dari kejadian tersebut terlihat kalau gaya bahasa yang kita pakai dapat menunjukkan perilaku seseorang itu baik atau tidak dalam tutur kata yang diutarakannya.
Menurut saya, berbahasa yang baik yang akan kita pakai dalam sehari-hari sangat lah berpengaruh. Biasanya, seseorang yang menggunakan bahasa atau kata-kata emosional memiliki perilaku yang sensitif. Begitu pun dengan perilaku aktif. Mereka cenderung lebih cerewet. Seseorang dengan perilaku aktif cenderung menggunakan berbahasa yang asal di sampaikan.
ADVERTISEMENT
Berbanding terbalik dengan gaya berbahasa seseorang yang memiliki perilaku pasif. Orang pasif selalu berhati-hati dalam berbahasa dan selalu menggunakan bahasa yang baik dan sopan santun tutur katanya. Maka dari itu, kesimpulan dari artikel ini bahwa dari cara berbahasa kita bisa mengetahui perilaku seseorang itu sopan santun atau asal bicara . Sehingga kita bisa menyesuaikan diri dengan orang-orang dari lingkungan sosial di mana saja. terutama kepada yang lebih tua seharusnya memang lebih sopan santun dan berbahasa yang baik.
Sekian dan terima kasih