7 Hal Luar Biasa yang Kamu Dapat Usai Bebas dari Hubungan Toxic

LifeHack
Membicarakan seputar trik dan tips kehidupan.
Konten dari Pengguna
27 Agustus 2019 12:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari LifeHack tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jerat toxic relationship. (Foto: Shutter Stock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jerat toxic relationship. (Foto: Shutter Stock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pernahkah kamu berpikir bahwa selalu ada pelajaran yang dapat dipetik dari setiap hal yang dilewati? Ya, termasuk ketika hubungan yang kamu jalani justru membuatmu jatuh, seperti halnya hubungan yang toxic. Jika sudah demikian, lebih baik baik lepaskan saja.
ADVERTISEMENT
Ada manfaat luar biasa yang bisa kamu dapatkan ketika membebaskan diri dari jeratan hubungan yang tidak sehat. Apa saja? Berikut ulasannya.
1. Menemukan kembali gairah hidup.
Ilustrasi gif: giphy
Hubungan yang tidak sehat atau toxic dapat membunuh antusiasmu. Ini juga sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, lebih baik tinggalkan saja daripada waktumu hanya terbuang untuk memperbaiki hubungan yang sebenarnya tidak ada harapan. Kalau sudah berhasil membebaskan diri dari jeratan hubungan tersebut, kamu akan dapat menemukan kembali hobimu serta gairah hidup.
2. Terhubung kembali dengan orang-orang dekat.
Ilustrasi gif: giphy
Hubungan yang tidak sehat bisa membuatmu memutuskan hubungan dengan orang lain, termasuk orang-orang terdekatmu. Ketika hubungan tidak sehat itu berakhir, kamu akan menyadari bahwa orang-orang terdekatmu tengah menunggumu. Mereka telah bersamamu selama ini. Jadi, kembalilah untuk terhubung kembali.
ADVERTISEMENT
3. Lebih menghargai hal-hal kecil.
Ilustrasi gif: giphy
Selama ini mungkin kamu terlalu menyepelekan hal-hal kecil dari orang-orang di sekitarmu. Seperti contoh memberi ucapan selamat ulang tahun secara tidak langsung, atau sekadar mengirimkan pesan berisi perhatian-perhatian kecil. Kamu akan menyadari bahwa itu sangat berarti ketika kamu tengah terpuruk dalam hubungan yang tidak sehat.
4. Mendapatkan kembali kesehatan fisik dan mental.
Ilustrasi gif: giphy
Hubungan yang tidak sehat juga memungkinkan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Oleh karenanya, kamu perlu perlu melakukan pemulihan agar tubuh, pikiran, dan hati kembali sehat. Kamu bisa olahraga, liburan, atau melakukan sesuatu yang positif dan menyenangkan. Kamu perlu relaksasi.
5. Menikmati kemandirian yang baru kamu temukan.
Ilustrasi gif: giphy
Ketika kamu melepaskan diri dari hubungan yang tidak sehat, kamu akan bangkit sebagai pribadi yang lebih mandiri. Kemandirian yang baru saja kamu temukan itu merupakan tanda keberanian, keutuhan, kekuatan, juga kebijaksanaan. Kamu akan sangat menikmatinya karena tidak lagi melampirkan kebahagiaanmu kepada orang lain. Ini juga akan membuatmu bangga.
ADVERTISEMENT
6. Mendapat kemampuan empati terhadap orang-orang yang terluka.
Ilustrasi gif: giphy
Setelah melewati hubungan yang tidak sehat, kamu akan memahami bagaimana pedihnya sakit hati. Ini dapat menumbuhkan ketulusan dalam hati utuk peduli dengan rasa sakit hati orang lain. Kamu akan bangkit sebagai pribadi yang lebih sensitif dan empatik. Kamu juga tidak takut berbagi cerita untuk menumbuhkan kembali semangat orang lain.
7. Menemukan kembali dirimu.
Ilustrasi gif: giphy
Setelah semua terasa lebih baik, kamu akan mencoba hal-hal baru. Ini akan mendorongmu menemukan kembali dirimu dengan cara terbaik untuk sembuh. Alih-alih menyerah dengan diri sendiri, setelah bebas dari hubungan yang tidak sehat justru mampu mengubah dirimu dan menemukan hal-hal yang lebih baik untuk ke depan.
Itulah tujuh hal luar biasa yang bisa kamu dapat setelah bebas dari hubungan yang tidak sehat. Jadi, jangan pernah takut, ya! Sebab, manfaat yang akan kamu ambil dari proses penyembuhan akan sebanding dengan perjuanganmu, kok.
ADVERTISEMENT
(zhd)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.