Memiliki Kekuatan Diri di Tengah Pandemi

10 September 2020 15:27 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rasa cemas yang ada di tengah pandemi saat ini sangat wajar kita alami. Untuk mengendalikan rasa cemas yang ada, kamu bisa memulainya dari diri sendiri, karena kamu memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi perubahan-perubahan positif di hidupmu dan dapat memperluas pengaruh positif terhadap orang-orang sekitar.
ADVERTISEMENT
Walaupun tidak mudah tapi kamu bisa memulainya dari dengan cara berikut ini:
Love Yourself
Kenali dirimu sendiri, jujur pada diri sendiri sehingga kamu dapat mengendalikan situasi yang ada. Kita semua dilahirkan dengan memiliki kelebihan masing-masing dan dapat dimanfaatkan untuk memberi pengaruh positif pada kehidupan kita serta kehidupan orang lain. Salah satu latihan untuk mengenal dirimu sendiri adalah buat tulisan mengenai hal apa yang bener-bener kamu sukai dari diri kamu dan hidupmu.
Karena saat ini, tidak banyak orang merasa mudah mengatakan mencintai dirinya sendiri. Tapi, perlu diketahui bahwa semakin besar kapasitasmu untuk mencintai diri sendiri maka semakin mudah juga kamu mencintai orang lain.
Ilustrasi love yourself. Dokumen: shutterstock
Buatlah Pertanyaan untuk Diri Sendiri
Selama ini, kita lebih banyak menanyakan kabar orang lain. Seperti, dia apa kabar ya? atau apakah dia sedang baik-baik saja? Padahal, untuk memiliki kekuatan dalam diri, kamu bisa memulai dengan mengajukan pertanyaan untuk dirimu sendiri seperti, bagaimana perasaan saya? Mengapa ini penting untuk saya? Keterampilan apa yang bisa saya pelajari? Apakah saya sudah melakukan tugas dengan baik? Apa yang perlu saya tingkatkan dan ubah untuk terus berkembang?
ADVERTISEMENT
Tuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan biarkan pikiran bawah sadar kamu yang memberikan jawabannya. Tidak ada orang yang pandai dalam segala hal, tetapi kita selalu memiliki kemampuan untuk memperdalam keahlian yang kita miliki, dengan begitu kekuatan dalam diri kita juga dapat meningkat.
Tulis Awal dan Akhir Hari yang Dijalani
Cara kamu memulai dan mengakhiri hari menjadi bagian yang sangat penting untuk memiliki kekuatan dalam diri. Saat pagi hari, coba sisihkan waktu untuk menuliskan bagaimana kamu ingin hari kamu berjalan, perasaanmu dan apa hasil akhir sebuah pekerjaan yang kamu inginkan. Di penghujung hari, sebelum menutup mata tanyakan pada diri sendiri apa yang berhasil dilakukan hari ini dan apa yang perlu diperbaiki.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya pekerjaan, tapi kamu juga menuliskan tentang diri sendiri. Kamu bisa menuliskan apa yang menjadi kekhawatiran mu, apa yang membuatmu bersyukur, apa yang membuatmu kecewa dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu dapat memahami dirimu dan dapat memiliki kekuatan yang lebih untuk mengendalikan situasi.
Ilustrasi membuat catatan di pagi hari. Dokumen: shutterstock
Feedback yang Membangun
Suatu keberhasilan tidak akan tercapai tanpa ada orang lain yang mendukung, maka jangan segan untuk menanyakan hasil pekerjaanmu dengan rekan kerja. Kamu bisa menanyakan feedback dari sebuah keberhasilan pekerjaan yang telah kamu lakukan. Dengan adanya feedback yang membangun dari rekanmu akan meningkatkan kemampuan-kemampuan yang ada dalam diri dan menjadikan sebuah pelajaran untuk lebih baik kedepannya.
Jangan Mudah Puas
Keadaan mungkin akan terus berkembang, begitupun dengan manusia. Oleh karena itu, kita harus terus berkembang. Cara kita berkembang bisa juga terjadi ketika kita melakukan kesalahan. Dengan adanya kesalahan, menjadi peluang terbaik untuk mengambil pelajaran. Menurut penelitian, banyak orang menghormati orang yang jujur dan terus terang saat terjadi kesalahan. Ini bisa menjadi kesempatanmu untuk memperbaiki diri kedepannya dan terus berkembang.
Ilustrasi memberikan feedback yang membangun. Dokumen: shutterstock
Memiliki kekuatan diri di tengah pandemi pasti tidak akan mudah, tapi dengan memiliki kekuatan diri kita tetap dapat mewujudkan impian dan tujuan, hingga membuat kita memberikan pengaruh positif bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Maka dari itu, luangkan waktu dan perhatian juga untuk dirimu sendiri, ya. Stay safe and positive!
ADVERTISEMENT