Berdamai dengan Overthinking

17 September 2020 16:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam kondisi saat ini, wajar jika banyak hal yang kita pikirkan hingga kadang membuat tidak tenang. Padahal, berpikir terlalu banyak tentang berbagai hal itu bisa sangat merugikan kesejahteraan kamu. Apalagi pikiran yang sering muncul cenderung negatif.
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian, jika terlalu sering memikirkan sebuah kekurangan, kesalahan, dan masalah akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mental. Nah, maka dari itu, jangan sampai pikiranmu diganggu oleh pikiran-pikiran yang berlebihan. Ini saatnya kamu untuk berdamai dengan overthinking!
Ilustrasi berpikiran berlebih. Dokumen: pexels.com
Berikut latihan yang bisa dilaksanakan untuk membatasi overthinking dan pola berpikir negatif kamu:
Menyadari Pikiran yang Datang
Kesadaran diri menjadi langkah pertama untuk mengakhiri pikiran yang berlebihan. Mulailah memperhatikan cara kamu berpikir, ketika menyadari sedang memikirkan hal yang membuat khawatir atau hal-hal yang tidak terkendali, coba akui bahwa pikiran tersebut adalah pikiran yang tidak menguntungkan untuk diri sendiri.
Mengenali Pikiran
Sangat mudah untuk kita terbawa oleh pikiran negatif. Kenali bahwa pikiran tersebut adalah pikiran yang terlalu negatif dan tidak perlu dipikirkan lebih dalam ataupun dilakukan. Jangan buru-buru untuk memberikan kesimpulan dari apa yang sedang dipikirkan. Belajar mengenali dan mengganti kesalahan berpikir sebelum menjadi berlebihan.
ADVERTISEMENT
Tetap Fokus pada Solusi
Berkutat pada sebuah masalah yang kamu hadapi tidak akan membantu tetapi pikirkanlah bagaimana kamu mencari solusinya. Tanyakan pada diri kamu langkah apa yang dapat diambil untuk belajar dari kesalahan atau meminimalisir sekecil mungkin masalah di masa depan. Lalu cari solusinya, apa yang dapat dilakukan.
Ilustrasi meluangkan waktu untuk merenung. Dokumen: pexels.com
Luangkan Waktu untuk Merenung
Kamu bisa meluangkan waktu untuk refleksi, berpikir tentang bagaimana dapat melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda atau mengenali potensi diri guna memecahkan suatu masalah. Selama waktu tersebut, biarkan diri kamu merenungkan tentang banyak hal atau memikirkan apapun yang diinginkan. Kemudian, setelah waktunya habis, kamu dapat melanjutkan kegiatanmu yang lebih produktif.
Fokus pada Masa Kini
ADVERTISEMENT
Jangan terlalu memikirkan hari kemarin dan hari esok, karena perhatianmu juga membutuhkan latihan. Dan seiring berjalannya waktu, hal itu dapat mengurangi pemikiran yang berlebihan.
Mengubah Cara Berpikir
Menyuruh diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu, justru bisa menjadi bumerang. Karena semakin kamu mencoba untuk menghindari pikiran tersebut, maka semakin besar kemungkinan pikiran itu akan muncul. Menyibukkan diri dengan beberapa aktivitas adalah cara terbaik untuk mengubah pikiran. Dengan melakukan banyak hal yang disukai ini akan mengalihkan pikiran-pikiran negatif yang datang.
Latihan ini perlu dilakukan dengan konsisten agar terlihat hasilnya. Memang bukan hal yang mudah, tapi dengan niat yang kuat kamu bisa mengurangi overthinking tersebut dan menjadi pribadi yang lebih positif.
ADVERTISEMENT