Astekpam Pagi Lapas Terbuka Nusakambangan Menjadi Bagian Awal Roh Keamanan Lapas

Humas Lapstrinuka
Akun resmi Kantor Lapas Terbuka Kelas IB Nusakambangan di laman Kumparan
Konten dari Pengguna
6 September 2022 14:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Humas Lapstrinuka tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dok.Humas Lapstrinuka
zoom-in-whitePerbesar
Dok.Humas Lapstrinuka
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nusakambangan - Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pengamanan Lapas, Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Nusakambangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menerapkan pergantian tugas jaga. Pada setiap pergantian shift-nya dilakukan apel serah terima regu pengamanan (astekpam) warga binaan maupun sarana dan prasarana. Pagi ini, Selasa 6 September 2022 telah dilaksanakan astekpam pagi dengan tertib dan lancar.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan astekpam tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan integritas petugas jaga Lapas. Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP), Galih Setiyo menjelaskan, astekpam tidak hanya sebagai sebuah aktivitas rutin dalam tiap pergantian jaga.
"Ini bukan hanya aktivitas rutin dan biasa saja. Justru roh-nya pengamanan lapas ada di astekpam ini. Bagaimana para petugas dituntut untuk tepat waktu dan disiplin pada saat pelimpahan tanggung jawab pengamanan rutan sampai dengan tugas selesai," ungkapnya.
Dok.Humas Lapstrinuka
Dok.Humas Lapstrinuka
Ka KPLP Lapas Terbuka Nusakambangan ini juga menambahkan, astekpam adalah pelimpahan tanggung jawab seluruh pengamanan antar regu jaga mulai dari pelimpahan seluruh warga binaan hingga sarana prasarana rutan. Sehingga setiap regu dituntut untuk senantiasa cermat, tanggap dan teliti pada saat menerima atau menyerahkan tanggung jawab pengamanan antar regu jaga.
ADVERTISEMENT
Galih menjelaskan, dalam melaksanakan tugas pengamanan, Lapas Terbuka Nusakambangan menerapkan pergantian tugas jaga dalam tiga shift. "Tugas jaga regu pengamanan dibagi menjadi tiga shift yaitu pagi pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB; shift siang pukul 13.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB; shift malam pukul 19.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB," jelasnya.
#lapstrinuka
#kemenkumhamjateng
#kemenkumhamri
#AYuspahruddin